Beranda Badung News ALSA LC Unud Gelar Program Kerja Turunan ALSA National Chapter Indonesia

ALSA LC Unud Gelar Program Kerja Turunan ALSA National Chapter Indonesia

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

LINGKUNGAN – ALSA LC Unud menggelar program kerja turunan ALSA NC Indonesia khususnya mengenai masalah lingkungan.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

ALSA Local Chapter Unviersitas Udayana (ALSA LC Unud) mengadakan program kerja turunan dari ALSA National Chapter (NC) Indonesia, yaitu “ALSA Care and Legal Coaching Clinic (CLCC) 2023” yang dilaksanakan oleh seluruh ALSA LC di Indonesia. Tema besar yang diangkat oleh ALSA NC Indonesia adalah “Trash-Free Tomorrow: A Path to a Sustainable Waste Management” yang didasarkan pada masalah lingkungan, yaitu sampah dan manajemen limbah yang masih kurang efektif. Tema besar ALSA LC Unud pada tahun ini adalah “Brings Harmony to Sustainability” yang diangkat dari filosofi Tri Hita Karana khususnya Palemahan.

ALSA CLCC 2023 di ALSA LC Unud diadakan dalam beberapa rangkaian yakni Pre-Event, ALSA Care, dan ALSA Legal Coaching Clinic. Pre-Event diadakan melalui sosial media ALSA CLCC 2023 dan secara langsung di ruang terbuka hijau UNUD pada 28 Oktober 2023 dengan menampilkan hasil advokasi dan miniatur TPA Suwung. Puncak acara diadakan pada tanggal 17-18 November 2023 dengan berkolaborasi bersama EcoBali Recycling.

Adapun ALSA Care diadakan pada Jumat (17/11/2023) di SMPN 7 Denpasar dengan tema, “Smart Waste management for sustainable Generations”. ALSA LC Unud mengadakan sosialisasi dan workshop kepada siswa-siswi mengenai pemilahan dan pengolahan sampah yang dipandu oleh EcoBali Recycling untuk menumbuhkan kesadaran pada siswa-siswi disana. Selanjutnya, pada Sabtu (18/11/2023), ALSA Legal Coaching Clinic dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Bali yang mengangkat tema, “TPA Suwung: Integrated Sustainable Waste Management for Community Protection”.

Adapun keynote speakernya Dr. Indra Pahlevi, SIP, M.Si, Kepala Biro Pemerintahan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI. Selanjutnya, pembicara yang mengisi talkshow Dr. Ir. Ni Made Armadi, SP, M.Si, UPTD Pengelolaan Sampah DKLH Provinsi Bali, Putu Ade Harriestha Martana, SH, MH (akademisi FH Unud), Made Krisna Dinata (perwakilan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Bali).

Baca Juga  Peringati Hari Susu Dunia, Minpro Vetholic FKH Unud Gelar Seminar

ALSA Legal Coaching Clinic membahas mengenai permasalahan yang terjadi pada TPA Suwung, khususnya mengenai manajemen limbah yang terintegrasi dan perlindungan hak-hak masyarakat. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai permasalahan lingkungan serta manajemen pengelolaan limbah yang terintigrasi. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4098-ALSA-Care-and-Legal-Coaching-Clinic-2023-Brings-Harmony-to-Sustainability-.html

Hosting Indonesia