Beranda Berita Utama Bahas Peluang Perluasan Kerja Sama, Walikota Jaya Negara Terima Kunjungan Kehormatan Dubes...

Bahas Peluang Perluasan Kerja Sama, Walikota Jaya Negara Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Afrika Selatan

bvn/hmden

DUBES AFSEL – Walikota GN Jaya Negara menerima kunjungan Dubes Afrika Selatan (Afsel) untuk Republik Indonesia, Mpetjane Kgaogelo Lekgoro, Selasa (13/6), di Kantor Wali Kota Denpasar.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam lawatannya ke Bali, Duta Besar Afrika Selatan untuk Republik Indonesia, Mpetjane Kgaogelo Lekgoro berkesempatan melakukan kunjungan ke Kantor Walikota dan bertemu dengan Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara. Pertemuan keduanya dilakukan pada Selasa (13/6) di Kantor Wali Kota Denpasar.

Kedatangan Dubes Lekgoro tersebut didampingi Counsellor Kedubes Afrika Selatan, Vickesh P. Maharaj serta Honorary Consulate Afrika Selatan di Denpasar, Bagus Sudibya.

Dubes Lekgoro menjelaskan, kunjungannya ke Kota Denpasar kali ini dalam rangka kunjungan persahabatan serta membahas peluang peningkatan hubungan kerja sama berbagai sektor antara Kota Denpasar dengan Afrika Selatan. Menurutnya, banyak potensi kerja sama yang bisa diperluas saat ini, dimana sebelumnya, antara Kota Denpasar dan Kota Mossel Bay, Western Cape, telah terjalin hubungan sister city.

“Selain sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan Afrika Selatan ke Kota Denpasar, saya kira kita bisa melakukan perluasan kerja sama. yakni bidang ekonomi dan juga peluang ekspor impor yang bisa kita gali potensi beragam komoditas,” ujar Dubes Lekgoro.

Untuk ini, Dubes Lekgoro akan berkoordinasi dan mendorong para pengusaha di Afrika Selatan untuk segera melirik peluang bisnis yang bisa dikembangkan dengan para pelaku usaha di Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasar Jaya Negara yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar, I Made Toya serta Kepala Dinas Sosial sekaligus Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Laxmy Saraswati mengatakan, Kota Denpasar siap untuk menjajaki lebih lanjut peluang kerja sama ini.

Baca Juga  Buka Suryaloka dan "Tourism Talk", Sekda Dewa Indra Apresiasi Kontribusi BI untuk Ekonomi Bali

“Kota Denpasar siap untuk memaksimalkan kerja sama yang akan memberikan manfaat bagi masing-masing pihak. Kami selalu berupaya mengintensifkan komunikasi dengan Kota Mossel Bay Afrika Selatan meskipun pandemi covid-19 melanda beberapa waktu lalu,” kata Jaya Negara.

Kota Denpasar saat ini, lanjut Jaya Negara tengah menggiatkan peningkatan pemberdayaan pelaku budaya, komunitas lokal, industri kreatif, perajin, usaha mikro, kecil, dan, menengah (UMKM). Jaya Negara berharap perluasan kerja sama dengan Afrika Selatan nantinya dapat menyokong penguatan sektor sektor tersebut.

“Pascapandemi covid, Kota Denpasar berusaha bangkit di berbagai sektor. Untuk itu, kami berharap peluang peningkatan kerja sama dengan Afrika Selatan dapat menyokong peningkatan pengrajin lokal, sektor UMKM, dan lainnya,” pungkas Jaya Negara. (sar/hmden)

Hosting Indonesia