Beranda Another Region News Bali Raih Penghargaan Terbaik Indonesia’s Sustainable Development Goals (SDGs) Action Awards 2023

Bali Raih Penghargaan Terbaik Indonesia’s Sustainable Development Goals (SDGs) Action Awards 2023

bvn/hmprov

PENGHARGAAN – Bali meraih penghargaan terbaik Indonesia’s SDGs Action Award 2023, Senin (6/11/2023).

 

YOGYAKARTA (BALIVIRALNEWS) –

Provinsi Bali meraih penghargaan Terbaik I pada Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas RI. Penghargaan diserahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa dan diterima Pj. Gubernur Bali yang diwakili Kepala Bappeda Provinsi Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra dalam acara Indonesia’s SDGs Action Awards 2023, bertempat di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Senin, 6 November 2023.

Kepala Bappeda Provinsi Bali menjelaskan, Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 merupakan ajang apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di Indonesia. Mengusung tema “Air, Energi, dan Pertanian menuju Ketahanan Pangan Berkelanjutan”, Indonesia’s SDGS Action Awards 2023 diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pemerintah dan aktor nonpemerintah untuk terus berpartisipasi dalam melaksanakan program/kegiatan yang memberikan dampak nyata terhadap target-target SDGs.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bali yang meraih peringkat Pemerintah Daerah Terbaik I mengalahkan Provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Jawa Barat di peringkat II dan III menyampaikan inovasi mengenai pengelolaan ketahanan pangan berkelanjutan berbasis desa wisata dengan Best Practice TeBA Majalangu di Desa Kesiman Kertalangu. “TeBA Majalangu merupakan suatu inovasi yang dirancang untuk melestarikan budaya agraris dalam kemasan wisata edukasi,” jelas I Wayan Wiasthana Ika Putra saat mewakili Pejabat Gubernur Bali menerima Penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2023.

Disampaikan, lokasi objek kegiatan Best Practice adalah di Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Pelaksanaan kegiatan yang menjadi salah satu inovasi dalam pencapaian SDGs adalah dengan memadukan konsep pelestarian lingkungan, ketahanan pangan dan peningkatan kualitas hidup, penurunan angka kemiskinan dan pencegahan stunting yang menjadi salah satu indikator utama dampak dari kegiatan tersebut.

Baca Juga  Jaring 20 Pelanggar, Tim Gabungan Gelar Razia Penegakan Prokes di Desa Pemecutan Kelod

Di sisi lain, Kementerian PPN/Bappenas selaku koordinator pelaksana SDGs di Indonesia berharap, berbagai praktik baik yang dilakukan pemangku kepentingan dapat direplikasi lebih luas dan mendorong percepatan target pencapaian TPB/SDGs pada “Decade of Action”. Sedangkan Kepala Bappeda Bali menyampaikan, capaian yang diraih oleh Pemerintah Provinsi Bali tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak yang telah berkolaborasi dalam melaksanakan aksi nyata pencapaian SDGs di Provinsi Bali.

“Ya kita meraih peringkat terbaik dalam aksi SDGs. Ini merupakan prestasi kita bersama. Terima kasih untuk semua pihak yang telah berkontribusi, berkolaborasi dalam mewujudkan capaian SDGs kita yang sangat baik ini,” jelas Ika Putra. (sar/hmprov)

Hosting Indonesia