Beranda Berita Utama Bukti Nyata Komitmen Bersama Majukan Pendidikan, Walikota Jaya Negara Apresiasi Denpasar Education...

Bukti Nyata Komitmen Bersama Majukan Pendidikan, Walikota Jaya Negara Apresiasi Denpasar Education Festival

Hosting Indonesia

bvn/hmden

DEF – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri Denpasar Education Festival (DEF) di ruang Taksu Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar, Selasa (7/5).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga menyelenggarakan Denpasar Education Festival (DEF). Kegiatan yang digelar untuk pertama kalinya ini dibuka langsung Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang ditandai dengan pemukulan gong di ruang Taksu Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar, Selasa (7/5).

Dalam rangkaian pembukaan DEF ini juga turut diserahkan Piagam Rekor Muri Pagelaran Tari Legong oleh Pelajar Terbanyak dari Direktur Operasional Muri, Yusuf Ngadri kepada Pemerintah Kota Denpasar yang diterima Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara. Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan Rekor Muri Edukasi Paham Cinta Bangga Rupiah oleh Pelajar kepada Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.

Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan bantuan stunting dari BPD Bali kepada Pemerintah Kota Denpasar, penyerahan bahan bacaan literasi dari Bank Indonesia kepada Bunda Literasi Kota Denpasar, pengenaan atribut kepada Duta GenDenTal, penyerahan Kartu Denpasar Cemerlang dari Walikota Denpasar kepada siswa serta penyerahan juara lomba-lomba serangkaian Hardiknas.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Bunda Literasi Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Kadis Dikpora Kota Denpasar AA Gede Wiratama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja, Direktur Operasional dan TI Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa, perwakilan MURI Yusuf Ngadri beserta kepala OPD terkait lainya.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan apresiasi, salut dan bangga kepada semua pihak yang telah terlibat dalam menyukseskan Denpasar Education Festival yang pertama pada tahun 2024. Festival ini merupakan bukti nyata komitmen kita bersama dalam memajukan pendidikan di Kota Denpasar.

Baca Juga  Presiden Apresiasi Peran Pers Bangun Optimisme dan Harapan Hadapi Pandemi

Lebih lanjut dijelaskan, hal menarik dalam Denpasar Education Festival kali ini, yaitu kolaborasi antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Bank Indonesia dalam memajukan kebudayaan dan pendidikan. Melalui kerja sama yang erat ini, diharapkan dapat saling melengkapi dalam mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya serta pemahaman akan nilai-nilai ekonomi yang terkandung di dalam mata uang rupiah, terutama di kalangan pelajar.

“Saya merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan Rekor Muri yang diikuti oleh 244 sekolah jenjang TK sampai SMP di Kota Denpasar untuk edukasi cinta bangga paham rupiah melalui lagu dan pegelaran tari legong oleh pelajar terbanyak yang telah dilaksanakan pada 2 mei 2024 bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan patut kita syukuri,” ungkapnya.

Dengan terselenggaranya DEF diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada tahun berikutnya dalam memajukan pendidikan di Kota Denpasar. Hal ini dapat diwujudkan dengan promosi inovasi, kolaborasi, peningkatan akses informasi dan mendorong perubahan positif dalam praktik pendidikan.

Kadis Dikpora Kota Denpasar AA Gede Wiratama mengatakan DEF pada tahun pertama ini mengusung tema “Bergerak Bersama untuk Denpasar Maju”. Kegiatan ini adalah sebuah acara serangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, yang menjadi platform penting bagi para pemangku kepentingan pendidikan di Kota Denpasar untuk bertemu, berbagi ide, dan memperluas jaringan kerjasama.

Festival ini dirancang untuk mempromosikan inovasi dalam pendidikan, mendorong kolaborasi antara sekolah, komunitas pendidikan, dan industri terkait, serta memberikan inspirasi kepada para peserta untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut. Dalam penyelenggaraan DEF berbagai kegiatan menarik diadakan, termasuk seminar dan workshop tentang tren terkini dalam pendidikan, pameran pendidikan yang menampilkan produk dan layanan terkait pendidikan, serta diskusi panel yang melibatkan tokoh-tokoh pendidikan terkemuka dari berbagai latar belakang.

Baca Juga  Sekda Dewa Indra Harap Perilaku Tidak Korup Jadi Budaya di Lingkungan Pemprov Bali

Selain itu, DEF juga menyediakan kesempatan bagi para pendidik, siswa, dan orang tua untuk berinteraksi langsung dengan institusi pendidikan, perusahaan, dan organisasi terkait pendidikan lainnya.

Adapun jenis rangkaian kegiatan DEF meliputi, pameran pendidikan dengan tema sebagai berikut, sains, ilmu pengetahuan, dan teknologi digital seni budaya dan kearifan lokal. Edukasi lingkungan hidup pendidikan inklusi dan kesetaraan gerakan hapus 3 dosa besar pendidikan implementasi kurikulum merdeka pameran mengakomodasi dari unsur sekolah, guru, siswa maupun unsur praktisi pendukung lainnya.

Ada juga workshop dengan topik yang diangkat, kebijakan merdeka belajar edukasi CBP rupiah pengelolaan sampah berbasis sekolah kesehatan, teknologi dan digitalisasi peningkatan kompetensi guru PAUD, serta lomba-lomba yang diadakan meliputi lomba kreativitas clay jenjang PAUD lomba menata lingkungan main literasi jenjang PAUD, lomba mewarnai jenjang SD lomba story telling jenjang SMP lomba karya tulis ilmiah untuk guru dan kepala sekolah. (wes/hmden)

Hosting Indonesia