Beranda Badung News Bupati Giri Prasta Apresiasi Seniman Drama Gong Lawas, Jaga Eksistensi Seni Pertunjukan...

Bupati Giri Prasta Apresiasi Seniman Drama Gong Lawas, Jaga Eksistensi Seni Pertunjukan Tradisional dan Seni Drama Gong

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

SENIMAN LAWAS – Bupati Giri Prasta saat menerima audiensi Seniman Drama Gong Lawas di Rumah Jabatan Bupati Badung, Kamis (11/4).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Komitmen Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di dalam melestarikan seni budaya tradisional sebagai identitas budaya Bali menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Badung di dalam memperkuat serta memperkokoh warisan  seni, adat dan Budaya Bali. Hal tersebut terlihat saat menerima audiensi seniman drama gong lawas di Rumah Jabatan Bupati Badung, Kamis (11/4).

“Saya berterima kasih kepada tokoh dan seniman se-Bali karena telah hadir bersama di sini. Pagelaran drama gong dulu pernah menjadi tontonan favorit saya sewaktu kecil,” kenang Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menyampaikan, di samping sebagai tontonan yang menghibur penggemarnya, drama gong juga sebagai tuntunan. Dalam setiap pertunjukannya, drama gong selalu ada pesan-pesan moral, baik yang menyangkut tatwa maupun susila.

“Tokoh seni menjadi jembatan emas untuk generasi penerus saat ini yaitu generasi z, bukan saja sebagai pelengkap prosesi upacara tetapi di sini juga memberikan informasi Bali juga filsafat melalui pertunjukan yang menghibur dan membahagiakan masyarakat semua,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan terbentuknya Pasemetonan/Paguyuban Seniman Drama Gong Lawas ini, ke depan ada hingga tingkat kecamatan yang merupakan bagian dari upaya merawat seni budaya masyarakat Bali agar tidak tergerus oleh arus perkembangan global.

“Seni dan Budaya kita harus kita jaga dan lestarikan bersama-sama karena ini merupakan ekosistem pariwisata, sehingga ke depan bisa bangkit menjadi budaya nasional dan global. Bali boleh maju dengan kemajuan Bali tetapi jangan sampai menggerus akar seni, adat dan budaya kita,” pesannya.

Baca Juga  Koster Hadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-74 di Polda Bali

Ketua Paguyuban Peduli Seni Drama Gong Lawas Anak Agung Gede Oka Aryana menyampaikan, audiensi ini dilaksanakan dalam rangka mohon bantuan untuk persiapan pentas tampil di acara PKB akan datang. “Saya beserta seniman drama gong lawas menyampaikan terima kasih dan setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Badung karena telah menerima kami serta memberikan apresiasi dan bantuannya. Karena ke depan ini kami rencana akan tampil di event PKB tetapi terkendala dengan pendanaan. Dengan bantuan yang diberikan menambah semangat kami untuk tampil dan eksis menjaga, melestarikan seni adat dan budaya tradisional Bali,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi, Bupati Giri Prasta memberikan sumbangan dana pribadi Rp 50 juta sebagai bentuk dukungan untuk seniman tetap eksis dan berkarya.

Paguyuban Seniman Drama Gong Lawas yang terbentuk dengan anggota saat ini kurang lebih berjumlah 120 orang tersebut diketuai Anak Agung Gede Oka Aryana. Hadir pula pelawak senior Bali seperti Petruk, Lodra, Moyo serta seniman drama gong legendaris lainnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia