Beranda Badung News Dekan FIB Unud Pimpin Rapat Perdana Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan dan Pengajaran Humaniora...

Dekan FIB Unud Pimpin Rapat Perdana Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan dan Pengajaran Humaniora Se-Indonesia

bvn/jubir-unud

RAPAT PERDANA – Dekan FIB Unud Prof. Dr. Made Sri Satyawati, SS, M.Hum, memimpin rapat perdana Perkumpulan Penyelenggaran Pendidikan dan Pengajaran Humaniora (P4H) se-Indonesia.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pada Selasa, 22 Agustus 2023, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud), Prof. Dr. Made Sri Satyawati, SS, M.Hum, memimpin jalannya rapat perdana Perkumpulan Penyelenggaran Pendidikan dan Pengajaran Humaniora (P4H) se-Indonesia. Hal ini sehubungan dengan jabatannya sebagai Ketua P4H se-Indonesia.

Pertemuan ini dihadiri oleh para dekan penyelenggara pendidikan dan pengajaran humaniora yang ada di seluruh Indonesia. Dalam pertemuan yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting ini, terdapat dua agenda pokok yang menjadi pembahasan yakni perkenalan asosiasi P4H serta usulan pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) Humaniora.

Dalam pemaparannya, Prof. Satyawati menjelaskan asal mula terbentuknya asosiasi P4H kepada peserta rapat. Dia menjelaskan, dasar pembentukan asosiasi ini adalah pemikiran bahwa program studi Humaniora yang berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya membutuhkan wadah untuk bertukar pikiran dan bekerja sama.

“Perkumpulan ini awalnya terbentuk dari komitmen dari beberapa dekan FIB, antara lain FIB Unud, Undip, Unhas, dan Unand. Kami saat itu membuat WA grup dan mengundang seluruh dekan FIB PTN se-Indonesia untuk bergabung,” papar Prof. Satyawati.

“Pada 21 Juli 2021, kami menyelenggarakan pertemuan pertama secara daring dengan FIB Unair yang menjadi tuan rumah. Pada pertemuan tersebut kami menyepakati pembentukan asosiasi Dekan FIB se-Indonesia. Kemudian pada pertemuan kedua, yakni pada 28-31 Juli 2022, secara luring di Bali, kami mendeklarasikan pendirian asosiasi dengan nama Asosiasi Dekan Humaniora Indonesia (ADHI), membentuk AD/ART, serta mendeklarasikan pendirian LAM PT Humaniora. Pada pertemuan ketiga, tanggal 28 Februari – 3 Maret 2023 di UGM, kami menghasilkan legalitas perkumpulan, dengan nama semula yang disetujui pada rapat kedua yakni ADHI berubah menjadi Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan dan pengajaran Indonesia (P4H)”, imbuh Prof. Satyawati dalam pemaparannya.

Baca Juga  Bupati Giri Prasta Hadiri Abhiseka Ratu I Gusti Ngurah Agung Watusila di Puri Ngurah Sibangkaja

Selanjutnya, pertemuan diisi dengan pemaparan terkait Pendirian LAM-PT Humaniora oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand), Prof. Dr. Herwandi, M.Hum. Dia memaparkan dasar hukum pendirian LAM-PT serta beberapa LAM yang sedang dalam proses pembentukan. Salah satu unsur yang menjadi penekanan Prof. Herwandi adalah pembentukan LAM-PT harus didukung oleh paling tidak 500-600 program studi di bawah ruang lingkup ilmu humaniora sehingga dia mengharapkan dukungan dan komitmen dari para dekan penyelenggara pendidikan dan pengajaran humaniora se-Indonesia untuk tercapainya pendirian LAM-PT ini.

Pada akhir rapat, para peserta sampai pada kesimpulan bahwa para dekan yang tergabung dalam P4H berkomitmen dan bersedia bekerja sama untuk pendirian LAM-PT Humaniora. Lebih lanjut disepakati, pertemuan-pertemuan lain akan dilaksanakan setelah rapat perdana ini guna membahas berbagai hal yang lebih spesifik berkaitan dengan pembentukan LAM-PT Humaniora di Indonesia. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3459-DEKAN-FIB-UNUD-PIMPIN-RAPAT-PERDANA-PERKUMPULAN-PENYELENGGARA-PENDIDIKAN-DAN-PENGAJARAN-HUMANIORA-P4H-SE-INDONESIA.html

Hosting Indonesia