Beranda Badung News Diikuti 8 Sanggar, Festival Seni Budaya Badung Gelar Lomba Tari Legong Keraton

Diikuti 8 Sanggar, Festival Seni Budaya Badung Gelar Lomba Tari Legong Keraton

Hosting Indonesia

sar/kombad

LEGONG KERATON – Salah satu sanggar yang mengikuti Lomba Tari Legong Keraton serangkaian FSB Kabupaten badung, Rabu (15/11/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaan dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Mangupura, melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu Festival Seni dan Budaya dengan tema “Abyakta Loka Budaya” bermakna Badung Maju berlandaskan Seni Budaya berlangsung dari tanggal 1-16 November 2023. Pada tanggal 1 merupakan pembukaan Festival dan tanggal 16 merupakan penutupan festival.

“Dari tanggal 2-15 ada kegiatan lomba lomba gong kebyar kategori wanita, dewasa dan anak-anak, lomba bapang barong se-Kabupaten Badung, lomba baleganjur se-Bali ada kategori anak-anak, remaja dan umum. Itu yang sudah terlaksana dan yang saat ini berlangsung adalah lomba tari Legong Keraton se-Kabupaten Badung yang diikuti 8 peserta dari sanggar-sanggar tari,” ujar Kabid Kesenian Kadek Sandra Widari di sela-sela menghadiri lomba Tari Sanggar di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Rabu (15/11/2023).

Adapun sanggar tari yang ikut perlombaan yaitu Sanggar Yudistira Sangeh, Sekar Bumi, Wanga Giri Swara, Sanggar Seni Chandra, Sankhara Art, Sri Dharma, Kertha Budaya Kusuma dan Taksu Murti Kemahisa.

Lebih lanjut, Widari mengatakan, tujuan dari diadakannya Festival Seni dan Budaya adalah untuk mencari bibit-bibit seniman yang selanjutnya bisa di tuangkan di desa untuk melestarikan seni dan budaya. “Harapan kami supaya generasi muda dan seniman bisa berkreativitas dan bisa mengembangkan seni itu melalui lomba lomba yang dilaksanakan dalam festival budaya ini dan festival ini bisa berkelanjutan,” tambahnya

Dewan juri yang hadir dan memberikan penilaian pada lomba Tari Legong Keraton ini ada 3 orang antara lain Dr. Ida Ayu Wimba Ruspawati, SST, M.Sn, kemudian Ida Bagus Yudistira, S.Sn, dan Ni Gusti Ayu Priyanti, S.Sn.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Investasi Jangkar Pemulihan Ekonomi Indonesia

Untuk pemenang lomba tari sanggar ini akan diberikan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan dan uang tunai. Juara I mendapatkan uang tunai Rp 7 juta, Juara II mendapatkan uang tunai Rp 6,5 juta, Juara III mendapatkan uang tunai Rp 6 juta, Juara harapan I mendapatkan uang tunai Rp 5 juta, Juara harapan II mendapatkan uang tunai Rp 4,5 juta dan Juara harapan III mendapatkan uang tunai Rp 4 juta. (sar)

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaDinas PUPR Kota Denpasar Gencarkan Aksi Bersih Parit dan Drainase
Artikel berikutnyaKembali Terjun ke Masyarakat, Ny. Ida Mahendra Jaya Minta Kader PKK Sosialisasikan “Porsi Isi Piringku”