Beranda Another Region News Dosen FKH Unud dan Puskeswan Payangan Berikan Penyuluhan Rabies di Desa Bukian

Dosen FKH Unud dan Puskeswan Payangan Berikan Penyuluhan Rabies di Desa Bukian

bvn/jubir-unud

RABIES – Dosen FKH Unud dan Puskeswan Payangan memberikan penyuluhan rabies di Desa Bukin, Payangan, Gianyar.

 

GIANYAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unud XXVII di tahun 2023 di Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, mahasiswa KKN Unud Desa Bukian mengadakan kegiatan penyuluhan tentang bahaya rabies yang diberi nama Cetik Rabies. Cermati dan tingkatkan kewaspadaan terhadap bahaya rabies. Kegiatan penyuluhan rabies ini diikuti oleh perwakilan para pemuda se-Desa Bukian yang tergabung dalam anggota sekeha teruna di masing-masing banjar yang ada di Desa Bukian. Penyuluhan dilaksanakan pada Minggu, 23 Juli 2023 di wantilan Desa Bukian.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan drh. I Wayan Sukernauasa, SKH, M.Si dan drh. I Made Satria Marthadi Parantapa, SKH dari Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) Payangan Gianyar diundang untuk memberikan penyuluhan rabies ini. Drh. I Wayan Sukernayasa, SKH., M.Si. memberikan pemaparan materi penyuluhan rabies yang lebih banyak menitikberatkan pada bahaya rabies, cara penularan, tanda-tanda rabies, dan pencegahan rabies baik pada hewan maupun manusia. Sedangkan drh. I Made Satria Marthadi Parantapa, SKH lebih banyak pada memberikan tanggapan kepada para penanya pada sesi diskusi. Acara ini dihadiri oleh 20 orang peserta dan berlangsung sangat menarik.

Seorang penanya bernama Komang Gentawan menanyakan peran serta generasi muda dalam hal penanganan rabies. Pertanyaan ini dijawab oleh pemateri bahwa salah satu hal penting yang bisa dilakukan oleh generasi muda adalah dengan ikut serta menyebarkan informasi tentang bahaya dan pencegahan rabies, aktif dalam pelaporan kejadian rabies serta aktif dalam pencegahan rabies baik dalam melakukan vaksinasi yang teratur pada hewan pembawa rabies (HPR) maupun dalam mencegah keluar masuknya HPR di wilayahnya.

Baca Juga  Lagi, Jegeg Bagus Udayana Dominasi di Provinsi Bali

Made Satria Marthadi Parantapa juga menyatakan, Desa Bukian merupakan zona merah kasus rabies dan di tahun ini ada kejadian anjing yang mengalami rabies, sehingga perlu kewaspadaan yang lebih terhadap rabies di desa. “Pada Juli 2023 ini ada kasus rabies di Banjar Tiyingan Desa Bukian,“ jelas dokter hewan yang berasal dari Banjar Lebah A Desa Bukian. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3366-Dosen-FKH-Udayana-Dan-Puskeswan-Payangan-Berikan-Penyuluhan-Rabies-Di-Desa-Bukian-Kec-Payangan-Kab-Gianyar.html

 

 

Pada akhir acara panitia mengucapkan terimakasih kepada pemateri dan juga pada para peserta yang sudah hadir pada kegiatan ini mengingat penyuluhan rabies ini sangat penting karena desa bukian sedang zona merah kejadian rabies. Pada akhir kegiatan dilakukan dengan acara penyerahan sertifikat penghargaan sebagai pemateri sekaligus acara foto bersama dengan para peserta yang hadir.

Hosting Indonesia