Beranda Badung News DPMD Bersama TP PKK Badung Kunjungi Pemkot Pekalongan

DPMD Bersama TP PKK Badung Kunjungi Pemkot Pekalongan

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

STUDI TIRU – Kadis PMD Badung Komang Budhi Argawa bersama Wakil Ketua I PKK Ny. Kristiani Suiasa beserta jajaran saat melakukan Studi Tiru di Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (12/12).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Badung bersama TP PKK Kabupaten Badung melakukan studi tiru ke TP PKK Pemerintah Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Rombongan yang dipimpin Kadis PMD Badung Komang Budhi Argawa dan Ny. Kristiani Suiasa beserta jajaran diterima langsung Ketua TP PKK Pemkot Pekalongan Hj. Inggit Soraya didampingi Kepala DPM PPA Kota Pekalongan Sabaryo Pramono, beserta seluruh pengurus TP. PKK Kota Pekalongan di Museum Batik Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (12/12).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Badung Komang Budhi Argawa bersama rombongan seusai diterima di outdoor Museum Batik Pekalongan menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan standar mutu dan pengembangan 10 program pokok dari TP PKK Kabupaten Badung.

“Studi tiru yang kita lakukan ini tujuannya adalah untuk sharing berkaitan dengan 10 program pokok PKK, di antaranya yang menjadi atensi pusat adalah terkait penanganan stunting dan UMKM serta pemberdayaan masyarakat. Terkait dengan program penanganan stunting di Kota Pekalongan telah dilakukan upaya-upaya melalui program pokok PKK yang dijalankan dengan pengawasan dan pendampingan dari OPD terkait dan untuk program penguatan UMKM yang bersumber dari APBD Kota Pekalongan sangat bagus,” ucapnya.

Budhi Argawa mengungkapkan, untuk meningkatkan eksistensi dan marketing UMKM, disampaikan bahwa Batik Pekalongan merupakan sektor UMKM unggulan dari Kota Pekalongan. Dengan sejarah yang panjang serta kekhasan batik Pekalongan sehingga pemerintah telah memasukkan seni batik sebagai muatan lokal di sekolah dengan harapan dapat terus menjaga tradisi dan seni batik Pekalongan dan mendapatkan SDM yang unggul dalam pelestarian dan pengembangan batik Pekalongan ke depannya. “Dengan tradisi yang kuat serta SDM yang unggul, seni batik Pekalongan akan dapat bertahan dan berkembang kedepan,” ungkapnya.

Baca Juga  Diskominfo Badung Gelar Literasi Psikologi Media di SMP Negeri 4 Abiansemal

Lebih lanjut Budhi Argawa menjelaskan, TP PKK Kabupaten Badung dapat menggali informasi dari TP PKK Pemkot Pekalongan tentang program yang bagus dan dapat diadopsi dan dikombinasikan dengan program di Pemkab Badung sehingga muncul program yang terencana dan tepat sasaran.

Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Badung Ny. Kristiani Suiasa menjelaskan, paparan terkait dengan program kerja yang telah diberikan oleh Ketua TP PKK Kota Pekalongan tidak jauh berbeda dengan program kerja dari TP PKK Kabupaten Badung, hanya ada beberapa program yang dinilai positif yang nantinya dapat diduplikasi dan diterapkan di Kabupaten Badung khususnya di dalam pengembangan sektor UMKM.

“Mungkin ke depannya ada sebuah kerja sama antara Pemerintah Kota Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Badung berkaitan dengan pemberdayaan UMKM dan pariwisata,” sarannya.

Ketua TP PKK Pemkot Pekalongan Hj. Inggit Soraya sangat menyambut baik kedatangan rombongan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama TP PKK Kabupaten Badung. “Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih karena sudah memilih Kota Pekalongan sebagai lokus kunjungan kerja dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama TP PKK Kabupaten Badung. Ini merupakan bentuk silaturahmi, sharing informasi serta berbagi pengalaman dalam mengelola organisasi serta bagaimana kita mengimplementasikan 10 program pokok PKK dan terkhusus lagi tentang bagaimana pemberdayaan UMKM.  Apa yang baik di Kota Pekalongan agar dapat dibawa dan semoga bermanfaat,” ujarnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia