Beranda Badung News Dukung Generasi Muda Sebagai “Agent of Change”, BEM FEB Unud Gelar “Equilibrium...

Dukung Generasi Muda Sebagai “Agent of Change”, BEM FEB Unud Gelar “Equilibrium Science Fair”

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

ESF – BEM FEB Unud menggelar Equilibrium Science Fair (ESF) untuk mendukung generasi muda sebagai agent of change.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (BEM FEB Unud) menggelar Equilibrium Science Fair (ESF) tahun 2023. ESF merupakan salah satu program kerja yang berada di bawah naungan BEM FEB Unud yang berfokus pada bidang akademik dan ilmiah. Tujuan diadakannya program kerja ini yaitu sebagai wadah dan sarana edukasi bagi generasi muda serta masyarakat melalui penyelenggaraan lomba-lomba akademis guna membangun critical thinking, problem solving, dan semangat berkarya untuk menghadapi bonus demografi di masa depan.

ESF juga bertujuan sebagai sarana bagi para siswa seluruh Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK-SNBT melalui kegiatan Try out Akbar UTBK-SNBT, lalu pelaksanaan dilanjutkan dengan open house. Tema yang diusung pada ESF tahun ini adalah “Harmonization of Economics and Technologies in Demographic Dividend Era to Optimize Youth’s Role as Agent of Change”. Tema ini dipilih sebagai bentuk awareness bagi mahasiswa dan siswa terhadap masa bonus demografi yang memiliki banyak potensi bagi perkembangan Indonesia di masa mendatang.

Rangkaian kegiatan ESF 2023 dimulai dengan FEB Open House pada tanggal 8-9 April 2023 dan Try out UTBK-SNBT pada Sabtu (15/4). Kemudian, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba-lomba pada Selasa (15/8) hingga Jumat (18/8) secara offline di Aula Gedung BH FEB Unud serta secara online melalui Cisco Webex Meeting dan pengumuman pemenang lomba sekaligus penutupan program kerja dilaksanakan pada Sabtu (19/8) secara offline di Aula Gedung BH FEB Unud dan online melalui live streaming YouTube.

Baca Juga  Walikota Jaya Negara "Launching" Inovasi Jaya Gupta

Pada tahun ini, ESF menyelenggarakan tiga cabang perlombaan yaitu Equilibrium Poster Competition (EPC) dengan jumlah 40 peserta, Equilibrium Debate Competition (EDC) diikuti oleh 12 tim, dan Equilibrium Scientific Research (ESRC) diikuti oleh 14 tim. Perlombaan ESRC dan ECC dilaksanakan secara offline, sedangkan perlombaan EPC dilaksanakan online.

Putu Krisnantara selaku Ketua Panitia ESF 2023 mengungkapkan, penyelenggaraan kegiatan ESF tahun ini berada dalam masa peralihan dari online ke offline. Peralihan tersebut menyebabkan panitia pelaksana mengalami kesulitan yang lebih kompleks dalam menyiapkan rangkaian acara yang diadakan secara offline. Terdapatnya peserta yang berasal dari luar daerah juga menuntut panitia pelaksana untuk selalu bersikap sigap dalam meng-handle seluruh peserta.

Antusiasme peserta dapat dirasakan di seluruh rangkaian acara. Dalam setiap pelaksanaan lomba, peserta mampu membangun atmosfer perlombaan menjadi seru dan menyenangkan baik dari segi pelaksanaan lomba maupun saat adanya interaksi antara peserta dengan juri.

Pada pelaksanaan perlombaan ESF tahun 2023 ini terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya, yaitu cabang perlombaan baru berupa cabang perlombaan EDC. Salah satu pertimbangan diadakan lomba EDC yaitu impact dari lomba ini kepada mahasiswa FEB Unud khususnya di bidang perlombaan debat yang masih minim ada di Bali. Selain itu, EDC ini juga menjadi wadah bagi KKM Debat untuk mengembangkan potensinya dalam bidang debat. Perlombaan EDC ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para mahasiswa FEB Unud maupun dari kampus lainnya untuk berlatih debat dalam mempersiapkan lomba debat tingkat nasional untuk mahasiswa salah satunya yaitu Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) sebagai salah satu ajang bergengsi yang dilaksanakan oleh Puspresnas. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3604-Ciptakan-Wadah-Penyalur-Inovasi-dan-Kreativitas-Guna-Mendukung-Generasi-Muda-Sebagai-Agent-of-Change-BEM-FEB-Unud-Gelar-Equilibrium-Science-Fair.html

Hosting Indonesia