Beranda Badung News Dukung Ketahanan Pangan, Sekda Adi Arnawa Serahkan Bantuan 4 Traktor ke Petani

Dukung Ketahanan Pangan, Sekda Adi Arnawa Serahkan Bantuan 4 Traktor ke Petani

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

SERAHKAN TRAKTOR – Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan alsintan berupa 4 traktor kepada petani Subak Yeh Dukuh, Banjar Dangin Bingin, Desa Sembung, Kamis (27/7/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Mewakili Bupati Badung, Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 4 traktor kepada petani Subak Yeh Dukuh, Banjar Dangin Bingin, Desa Sembung, Kamis (27/7).

Turut hadir Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Perbekel Sembung Ketut Sukerta, Bhabinkamtibmas Desa Sembung, kelian dinas se-Desa Sembung, Pekaseh Subak Yeh Dukuh Nyoman Suweden serta krama subak setempat.

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya menyampaikan, penyerahan bantuan 4 traktor ini adalah suatu bukti Pemerintah Kabupaten Badung di bawah kepemimpinan Bupati Giri Prasta sangat perhatian, atensi  dan sangat mendukung dari pada pengembangan ketahanan petani di Badung dalam rangka untuk meringankan beban para petani dan meningkatkan produktivitasnya serta menjaga keberlanjutan kualitas dari pada produksinya. “Mudah-mudahan dengan adanya sharing dengan Pemkab Badung, nanti para petani juga mendukung dan menjaga lahannya agar tetap terjaga serta hasil produksinya ditingkatkan lagi, seperti yang dilaporkan oleh Pekaseh Subak Yeh Dukuh dengan luas lahan 75 hektar tetap akan bertahan. Hal ini tentu akan disinergikan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung dalam rangka memberikan bantuan berupa benih,” ucapanya.

Kebijakan ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Badung bertujuan untuk mengendalikan inflasi dimana pengendalian inflasi di Badung berbasis ke hulu, tidak hanya berbasis di hilir seperti operasi-operasi pasar. Langkah ini di samping untuk mengendalikan inflasi juga untuk meningkatkan pendapatan petani dan memastikan para petani di Badung mendapat perhatian dan dorongan untuk meningkatkan produksi yang nantinya juga akan dibeli oleh Pemkab Badung sehingga nanti komunitas pangan padi termasuk gabah jangan sampai dibeli oleh tengkulak dalam bentuk tebasan. “Makanya kita dorong agar terjadi suatu peningkatan pendapatan petani dan kalau sudah terjadi peningkatan pendapatan petani otomatis masyarakat akan bangga menjadi petani sehingga lahannya tidak akan dimanfaatkan atau disewakan ke orang lain,“ ungkapnya.

Baca Juga  PAD Turun, Giliran Komisi III DPRD Badung Gelar RDP dengan Bappeda

Pekaseh Subak Yeh Dukuh Nyoman Suweden mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang dalam kesempatan ini diwakili Sekda Badung yang sudah berkenan hadir dan memberi bantuan 4 mesin traktor kepada petani Subak Yeh Dukuh. Pihaknya menyampaikan, Subak Yeh Dukuh luas lahannya 75 hektar lebih yang sebagian besar tanaman yang dihasilkan adalah padi. “Mudah-mudahan dengan diberikan bantuan mesin traktor, petani Subak Yeh Dukuh dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan kesejahteraan para petani dan terkait jalan usaha tani (JUT) dan irigasi di Subak Yeh Dukuh. Kami berharap Pemerintah Kabupaten Badung dapat membantu untuk penataan serta direalisasikan sehingga dapat memperlancar jaringan irigasi,” harapnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia