Beranda Denpasar News Duta Besar Botswana Kunjungi Kota Denpasar, Jajaki Peluang Kerja Sama Berbagai Sektor

Duta Besar Botswana Kunjungi Kota Denpasar, Jajaki Peluang Kerja Sama Berbagai Sektor

Hosting Indonesia

bvn/hmden

DUBES BOTSWANA – Wawali Arya Wibawa menerima kunjungan Dubes Botswana untuk menjajaki peluang kerja sama, Jumat (28/7/2023).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Duta Besar Botswana, Afrika, untuk Australia merangkap Republik Indonesia, New Zealand, Kepulauan Pasifik (Solomon Island, Papua Nugini, Fiji dan Samoa), Dorcas Makgato melakukan lawatan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar. Kedatangan Dorcas Makgato tersebut diterima Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di Kantor Walikota Denpasar, pada Jumat (28/7).

Botswana merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang berbatasan dengan negara Zimbabwe, Afrika Selatan dan Namibia. Negara ini merupakan upper-middle income yang memiliki jumlah penduduk 2,69 juta jiwa dengan pendapatan per Kapita sebesar USD 7.270.

Pada kunjungan tersebut, Dubes Makgato menyampaikan soal peluang kerja sama bilateral yang bisa dijajaki antara Negara Botswana dan juga Pemerintah Kota Denpasar sehingga ke depannya mampu memberikan kemanfaatan bagi kedua daerah. “Saya melihat ada beberapa kesamaan antara negara Indonesia, termasuk Bali dan Denpasar sebagai ibu kotanya dengan negara kami. Hal inilah yang mendorong kami melakukan kunjungan ini sebagai langkah awal dalam upaya kerjasama di antara kedua negara,” kata Dubes Makgato.

Beberapa sektor yang diprioritaskan akan dijajaki, lanjut Dubes Makgato untuk peluang kerja sama itu antara lain meliputi sektor perdagangan, sektor industri dan juga sektor pendidikan. “Kami berharap setelah pertemuan ini akan ada pembahasan lebih lanjut. Kita juga bisa memiliki peluang dalam kerja sama ekspor impor beberapa komoditi potensial. Seperti bahan pangan, dan lain sebagainya,” imbuh Dubes Makgato.

Berkaitan dengan hal itu, Wawali Arya Wibawa menyambut baik kemungkinan kerja sama yang bisa dibangun di antara kedua pihak. Ke depannya Kota Denpasar dapat menjalin kerja sama di berbagai sektor untuk mendukung kemajuan bersama. Hal ini utamanya dalam bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

Baca Juga  Budayakan Mutu Lulusan Dokter Hewan, FKH Unud Gelar "Workshop" Revisi Pedoman PPDH

“Mewakili Bapak Wali Kota Denpasar, kami menyambut baik perihal potensi kerja sama yang bisa kita jajaki ke depannya. Kota Denpasar memiliki beberapa potensi dalam bidang pariwisata, ekonomi kreatif serta kerajinan dan juga budaya. Pemkot Denpasar siap untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai hal itu,” terang Wawali Arya Wibawa sembari berharap akan bermunculan peluang peningkatan dan pengembangan berbagai sektor di masing-masing negara. (gie/hmden)

Hosting Indonesia