Beranda Another Region News Eksplor Keindahan Objek Kintamani, Volcano Run 5 Km Digelar

Eksplor Keindahan Objek Kintamani, Volcano Run 5 Km Digelar

Dandim 1626 Bangli Letkol CPN Andy Pranoto.

 

BANGLI (BALIVIRAL NEWS) –

Dandim 1626 Bangli bekerja sama dengan Toya Devasya, Sabtu (10/8) kemarin menggelar Volcano Run 5 Km. Selain untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaaan RI, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengeksplor sekaligus mempromosikan keindahan destinasi wisata Kintamani.

Hal tersebut dikemukakan Dandim 1626 Bangli Letkol CPN Andy Pranoto didampingi Ketua PASI Bangli Ayu Astiti Saraswati di sela-sela kegiatan. “Lewat event ini, kami ingin memperkenalkan Kintamani ke kancah nasional dan internasional,” ujar Dandim.

Dia memaparkan, lembaga yang dipimpinnya tiap tahun harus memiliki kegiatan social kreatif. Kreatif harus berupa kegiatan kreasi sendiri dan diminati masyarakat.

“Melihat animo yang besar di kalangan generasi muda dan even berlari belum pernah dilakukan, akhirnya diputuskan menggelar Volcano Run 5 Km,” tegasnya sembari menambahkan, acara ini juga didukung oleh BRI dan Yamaha.

Acara ini berlangsung sukses dengan diikuti sekitar 700 peserta mulai kalangan pelajar, utusan instansi termasuk desa, dan peserta umum. Peserta umum pun tak hanya dari Bali tetapi ada dari luar Bali seperti NTB dan wisatawan mancanegara. “Mereka pas lewat melihat brosur, akhirnya ikut sebagai peserta,” ungkapnya.

Karena animonya cukup besar, dia berharap ke depan kegiatan ini bisa berlanjut. Jika sekarang skupnya Bangli, ke depan bisa diperluas untuk Bali maupun nasional.

Sementara itu Ketua PASI Bangli yang juga pengelola objek wisata populer Toya Devasya memastikan, kegiatan ini bisa menjadi calendar event atau kalender tetap PASI Bangli. Menurutnya, selain meningkatkan animo untuk olah raga berlari, kegiatan ini juga untuk menjaring atlet-atlet yang berpeluang mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional.

Baca Juga  600.000 Lebih NIK Warga Bali Tercatat Transaksi LPG 3 Kg Bersubsidi

Untuk tahap awal, karena persiapannya cukup singkat, pihaknya pun memilih Volcano Run 5 Km. “Ke depan, kami berharap bisa ditingkatkan menjadi 10 atau 15 kilometer,” katanya.

Event ini, tegasnya, juga mampu memperkenalkan objek wisata kaldera Batur kepada dunia. Ini juga untuk promosi destinasi sehingga Kintamani kian dikenal.

Hal sama dikemukakan Pemimpin Cabang BRI Bangli Nunung Nurhayati. Support yang diberikannya salah satunya untuk meningkatkan animo masyarakat dalam menggeluti olah raga lari. Khusus event Volcano Run 5 Km ini pihaknya memberikan support berupa door prize bagi peserta serta hadiah bagi juara.

Ditanya mengenai CSR BRI, apakah bisa diarahkan untuk mensupport atlet, Nunung menyatakan bisa. Namun saat ini, CSR BRI banyak diberikan untuk pembangunan maupun renovasi pura serta bedah rumah untuk warga yang memerlukan.

Edited by N. Suardani

Hosting Indonesia