Beranda Badung News Fakultas Teknik Unud dan NGO Life With Friends On The Earth (LIFE)...

Fakultas Teknik Unud dan NGO Life With Friends On The Earth (LIFE) Jepang Kembangkan Kerja Sama

bvn/hm-unud

FT Unud dan NGO LIFE Jepang kembangkan kerja sama.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Telah dilaksanakan pertemuan antara pihak Fakultas Teknik Universitas Udayana dengan NGO Life with Friends on the Earth (LIFE) Jepang untuk membahas terkait kerja sama yang telah berjalan dan pengembangan ke depannya pada Senin (15/8/2022) di Ruang Dekan Fakultas Teknik, Kampus Bukit, Universitas Udayana. 

Pihak Fakultas Teknik yang hadir pada pertemuan ini adalah Ir. I Ketut Sudarsana, ST., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknik, Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST.,MA.Sc.,Ph.D. selaku Wakil Dekan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, serta Ir. Kadek Diana Harmayani, ST., MT., Ph.D., IPM. selaku Koordinator Program Studi Teknik Lingkungan bersama perwakilan dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan. Pihak LIFE Jepang yang hadir pada kesempatan ini adalah Mr. Yushi Yamada yang merupakan Project Manager dari NGO LIFE Jepang.

MoU antara Universitas Udayana dan LIFE yang berkantor di Tokyo, Jepang dibuat pada tahun 2020. Adapun lingkup dari MoU antara kedua institusi, yaitu Universitas Udayana sebagai perguruan tinggi dan LIFE sebagai NGO internasional mencakup empat hal, yaitu pelaksanaan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama, pertukaran tenaga pendidik dan mahasiswa antara kedua institusi, pengembangan professional tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta sharing dan penyusunan bahan dan sumber pengajaran.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari MoU yang telah disahkan pada tahun 2020 tersebut, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, melakukan kolaborasi dengan LIFE Jepang melalui program Yeh Sudamala (YES) Project. Program ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam perencanaan dan pembangunan sistem penyediaan air bersih di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Baca Juga  TP PKK Kabupaten Badung Gencarkan Vaksinasi Covid-19 bagi Penyandang Disabilitas

Dengan keterbatasan kondisi pandemi covid-19, tim di Jepang tetap dapat menjalankan kegiatan dengan adanya dukungan berupa bantuan teknis dari pihak Universitas Udayana, dalam hal ini Program Studi Teknik Lingkungan.

Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST.,MA.Sc.,Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan menyampaikan terkait harapannya untuk dapat mengembangkan kolaborasi pada kegiatan lainnya, seperti kegiatan penelitian, dimana pada Fakultas Teknik juga terdapat prodi lainnya yang mengembangkan penelitian terkait pengelolaan lingkungan.

Untuk ke depannya, pihak Fakultas Teknik Universitas Udayana dan LIFE Jepang akan mengembangkan kerja sama pada kegiatan lainnya. Kegiatan yang akan dikolaborasikan tidak hanya pengabdian kepada masyarakat tetapi juga termasuk kegiatan penelitian. Lingkup kegiatan diarahkan pada bidang teknik lingkungan, seperti air bersih dan pengelolaan sampah.

Di samping itu, kegiatan yang direncanakan berikutnya tidak menutup kemungkinan keterlibatan bidang lainnya yang mendukung, seperti pada kegiatan yang telah berjalan yang melibatkan dosen dari Prodi Teknik Sipil dan Prodi Teknik Mesin. (sar/hm-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id 

Hosting Indonesia