Beranda Bali News Februari 2024, Kinerja Penjualan Eceran Bali Tetap Terjaga

Februari 2024, Kinerja Penjualan Eceran Bali Tetap Terjaga

Hosting Indonesia

bvn/dok

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Kinerja penjualan eceran di Provinsi Bali pada Februari 2024 stabil dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali pada Februari 2024 sebesar 109,6 atau sama dibandingkan dengan periode Januari 2024. IPR Bali terus mengalami peningkatan dalam 12 bulan terakhir. Hal ini mencerminkan kinerja penjualan eceran di Provinsi Bali masih tetap terjaga atau berada di level optimis (>100). Sejalan dengan hal tersebut, tingkat inflasi Provinsi Bali pada Februari 2024 juga terjaga dengan capaian 2,98% (yoy) atau masih berada pada rentang sasaran inflasi 2,5±1%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja menyampaikan, kinerja penjualan eceran ditopang oleh tetap kuatnya penjualan pada kelompok barang peralatan informasi dan komunikasi sebesar 4,5% (mtm) dan kelompok barang bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 2,5% (mtm). Sementara itu, kelompok barang yang terkontraksi dan menahan penguatan penjualan eceran lebih lanjut yakni pada kelompok barang sandang -3,0% (mtm) dan kelompok barang suku cadang dan aksesori -2,7% (mtm).

Lebih lanjut, Erwin menyampaikan, pertumbuhan penjualan eceran Bali pada periode laporan lebih baik dibandingkan dengan Nasional yang diprakirakan terkontraksi -0,9% (mtm) yakni dari 210,5 pada Januari 2024 menjadi 208,5 pada Februari 2024.

Erwin menambahkan, dengan stabilnya capaian kinerja penjualan eceran di Provinsi Bali pada periode Februari 2024, kondisi perekonomian Bali ke depan tetap optimis seiring dengan periode hari besar keagamaan yang berurutan yaitu Galungan, Kuningan, Nyepi serta masuknya bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

Optimisme tersebut perlu diimbangi upaya-upaya menjaga kestabilan harga barang dan jasa yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan oleh Bank Indonesia bersama seluruh stakeholders, demi daya beli yang tetap terjaga dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (sar/hmbi)

Baca Juga  Sekda Adi Arnawa Hadiri Acara "Ngeruak" dan "Mendem Dasar" Persiapan Pembangunan RMU
Hosting Indonesia