Beranda Denpasar News FIB Unud Sosialisasikan Sistem Tata Kelola PT kepada Kaprodi Baru

FIB Unud Sosialisasikan Sistem Tata Kelola PT kepada Kaprodi Baru

Hosting Indonesia

ist

Sosialisasi sistem tata kelola PT kepada kaprodi baru di FIB Unud.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Fakultas Ilmu Budaya menggelar Pengenalan Sistem Tata Kelola Perguruan Tinggi. Kegiatan yang diinisiasi Dekan FIB ini dilaksanakan Senin, 31 Januari 2022 di ruang Soekarno kampus setempat. Kegiatan ini diikuti seluruh kaprodi dan Tim TPPMP masing-masing prodi.

Dekan FIB dalam pembukaan acara menyampaikan, sistem tata kelola perguruan tinggi saat ini berbeda dengan sistem tata kelola yang dulu. Perubahan sistem tata kelola perguruan tinggi saat ini mengikuti perkembangan jaman. Sehingga sebagai bagian dari manajemen kampus, para Kaprodi diharapkan mampu mengikuti perkembangan tersebut.

“Sekarang semua kegiatan harus berlangsung sesuai proses dan sistem yang telah disiapkan. Untuk itu, acara ini diselenggarakan sebagai salah satu jalan mengenalkan Bapak dan Ibu Kaprodi yang baru dan tim TPPMP di masing-masing prodi dengan semua sistem yang berlaku di lingkungan Unud,” terang Dekan.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara Dekan FIB, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Ketua UP3M FIB, Tim LP3M Unud, dan Tim USDI Unud. Masing-masing narasumber menyampaikan materi yang berkaitan dengan sistem tata kelola perguruan tinggi.

Sesi pemaparan materi dimulai dengan materi yang disampaikan oleh Dekan FIB dengan topik Sistem Penjaminan Mutu Internal. Selanjutnya, Ketua UP3M FIB, Silvia Damayanti, S.S., M.Hum., menyampaikan materi tentang dokumen-dokumen SPMI. Kedua narasumber menyampaikan dasar-dasar hukum pelaksanaan SPMI, aras implementasi SPMI, serta berbagai dokumen yang harus dilengkapi dalam rangka memenuhi SPMI.

Selanjutnya materi terkait Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) disampaikan oleh Dr. Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum., dan Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini, S.S., M.Hum. Kedua narasumber yang juga merupakan Tim LP3M Universitas Udayana menyampaikan keterkaitan antara SPMI, SPME, dan PDDIKTI. Dalam pemaparannya disampaikan pentingnya melakukan pengkinian data PDDIKTI untuk menghindari terkena pemantauan peringkat akreditasi (PEPA).

Selain itu, untuk meningkatkan nilai akreditasi PT, narasumber juga mengajak para koprodi untuk melakukan konversi nilai dari peringkat akreditasi lama menjadi peringkat akreditasi baru melalui instrumen suplemen konversi (ISK), terutama bagi Prodi yang telah memiliki peringkat akreditasi A agar bisa menjadi Unggul.

Baca Juga  Jelang Dies Natalis, DWP Unud Serahkan Beasiswa Kepada 24 Anak

Materi sistem registrasi MBKM disampaikan oleh Wakil Dekan I, I Nyoman Arya Wibawa, Ph.D,. beserta staf akademik FIB. Program MBKM menjadi salah satu program unggulan yang saat ini menjadi satu indikator kinerja utama. Tujuan MBKM adalah memberikan peluang sebesar-besarnya kepada mahasiswa untuk terlibat pada berbagai program yang ditawarkan oleh kementerian serta mitra kementerian.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai sistem tata kelola dan administrasi yang disampaikan oleh Wakil Dekan II, Dr. Ni Made Suryati, M.Hum. Mengenai tata kelola dan administrasi, Dr. Made Suryati menekankan bahwa sistem tata kelola dan administrasi pada tataran prodi harus sejalan dengan tata kelola di tingkat fakultas dan universitas. Kaprodi juga diharapkan bekerja sesuai dengan sistem yang ada sehingga kinerja prodi dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu Wakil Dekan III, Dr. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum., membawakan materi tentang kegiatan mahasiswa yang didampingi oleh staf bidang kemahasiswaan. Dukungan dan fasilitas terhadap mahasiswa menjadi prioritas bagi fakultas, hal ini tentunya untuk mendorong agar mahasiswa lebih aktif dan kreatif. Terlebih jika mahasiswa mampu mencapai prestasi-prestasi yang dapat mengangkat nama lembaga.

Materi terakhir disampaikan USDI Unud yang diwakili oleh Desak Putu Eka Nilakusmawati, S.Si. M.Si., dan I Made Widiartha, S.S., M.Hum., tentang pengisian Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Internal Program Studi (SIMPONI PADI). Sistem ini merupakan sistem input data administrasi di lingkungan prodi, diantaranya adalah kuisioner dan monev, kegiatan pengabdian dan kemahasiswaan yang wajib diketahui oleh para kaprodi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh UP3M FIB Unud ini ditutup oleh Wakil Dekan I, I Nyoman Arya Wibawa, Ph.D. (sar/hm-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaGedung Advance Research Laboratory Fakultas Teknik Universitas Udayana Dipelaspas
Artikel berikutnyaKKI Gelar “Desk Evaluation” Program Studi Dokter Subspesialis Ilmu Penyakit