Beranda Badung News FK Unud Perluas Kerja Sama Jejaring di Taiwan

FK Unud Perluas Kerja Sama Jejaring di Taiwan

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

KUNJUNGI TAIWAN – Dekan FK Unud Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes berkunjung ke Taiwan untuk memperluas jejaring internasional.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memperluas jaringan internasionalnya dengan mengunjungi Far Eastern Memorial Hospital (FEMH) di Taiwan. Kunjungan Dekan FK Unud beserta Tim Universitas Udayana diterima oleh Dr. Shu-Wen Chang, vice president of FEMH. Dalam sambutannya, Dr. Chang menyampaikan terima kasih atas kesediaan Dekan FK beserta tim untuk melihat langsung fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di FEMH dari tanggal 13-17 Desember 2023.

Sebagai Rumah Sakit Tipe A yang juga merupakan Teaching Hospital di Taiwan, FEMH membuka kesempatan kolaborasi di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan FK Unud dan Pelayanan Kesehatan dengan RS Unud.

Selain Dr. Chang, tim Unud juga diterima oleh Miss Jolene Huang (Chief of Strategic Planning Department), Dr. Kuang-Chau Tsai (Chief of Emergency Department), Dr. Yen-Ling Chiu (Chief of Medical Research Department) serta Tim Strategic Planning Department, yaitu Miss Amber Tang, Mr. Gilang Putra Bahari, dan Mr. Andreas Martinus.

Dekan FK Unud, Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes mengucapkan terima kasih atas kepercayaan FEMH kepada Universitas Udayana dan akan menindaklanjuti memorandum of understanding Unud dengan FEMH dan kegiatan kerja sama antara Program Studi di Lingkungan Universitas Udayana. Pada kesempatan ini juga telah ditandatangani memorandum of agreement oleh Dekan FK Unud dan Direktur RS Unud sebagai dasar pelaksanaan kerja sama kedua belah pihak. Beberapa kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan antara lain student exchange, staff exchange, joint research/publication, guest/visiting lecture, collaboration seminar/workshop.

Selain mengunjungi FEMH, Dekan beserta tim juga mengunjungi Far Eastone untuk melihat demo telemedicine yang sangat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pulau-pulau terpencil. Telemedicine telah mendapat support dari pemerintah Taiwan dan digunakan oleh banyak rumah sakit di Taiwan. Kunjungan juga dilakukan pada Fire Department dan Lanseed International Hospital. Pelaksanaan perkuliahan telah menggunakan program komputer yang didesain secara mandiri oleh Tim IT Landseed Hospital sehingga sangat membantu pemahaman mahasiswa dalam menyusun diagnosis dan terapi secara lebih komprehensif.

Baca Juga  Dosen Prodi Teknologi Pangan FTP Unud Olah Limbah Kulit Kopi Arabika Menjadi Teh Cascara

Tindak lanjut kunjungan ini adalah komunikasi antara Program Studi di lingkungan FK Unud dengan departemen terkait di FEMH untuk realisasi kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain Dekan, kunjungan juga diikuti oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Dekan Bidang Informasi dan Kemahasiswaan, Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama FK Unud beserta tim dari RS Unud. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4182-FK-Unud-Perluas-Kerja-Sama-Jejaring-di-Taiwan.html

Hosting Indonesia