Beranda Badung News FKP Unud Menjadi Target Kerja Sama Yayasan MDPI

FKP Unud Menjadi Target Kerja Sama Yayasan MDPI

bvn/jubir-unud

KERJA SAMA – FKP Unud sepakat menjalin kerja sama dengan Yayasan MDPI yang akan dikuatkan dengan penandatanganan PKS.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pada Selasa, 18 September 2023 Yayasan MDPI mengunjungi Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) dalam rangka menginisiasi kerja sama. Turut hadir Direktur MDPI Yasmine Simbolon, Fisheries Manager Putra Satria dan Novriansyah. Kehadiran dari pihak MDPI disambut oleh Tim UPIKS beserta dosen FKP.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari FKP yang diwakili oleh Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS) Dewa Ayu Angga Pebriani dan memaparkan tentang Fakultas Kelautan dan Perikanan secara umum baik terkait prodi yang ada dan kegiatan kolaborasi yang telah dilakukan dengan mitra luar negeri dan dalam negeri. 

Dalam pemaparannya ruang lingkup kerja sama yang dapat dikolaborasikan adalah bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Yasmine Simbolon memperkenalkan MDPI secara garis besar bahwa Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI) adalah organisasi nirlaba dengan misi memberdayakan masyarakat perikanan untuk mencapai perikanan berkelanjutan melalui pengorganisasian masyarakat dan memanfaatkan kekuatan pasar yang berdiri pada tahun 2013. ”Perikanan berkelanjutan dengan memberdayakan partisipasi aktif masyarkat pesisir dan kolaborasi antar stakeholder merupakan salah satu fokus utama yang kami lakukan dalam meningkatkan mutu perikanan Indonesia,” pungkasnya.  

Berdasarkan diskusi yang telah berlangsung disepakati bahwa kerja sama yang akan dikolaborasikan adalah program MBKM Mandiri bagi mahasiswa yang akan magang di Yayasan MDPI, program kuliah tamu dengan mendatangkan praktisi dari MDPI untuk mengajar beberapa mata kuliah yang berkorelasi dengan bidang perikanan tangkap, penelitian untuk menghasilkan publikasi bersama, dan kegiatan pengabdian tentang pengolahan hasil perikanan kepada kelompok nelayan yang ada di pesisir pantai Bali.

Baca Juga  Hadiri Karya Memungkah di Pura Melanting, Desa Adat Cemenggaon, Celuk, Sukawati, Bupati Giri Prasta Serahkan BKK Rp1,050 Miliar

Kesepakatan akan disusun dalam sebuah perjanjian kerja sama yang akan disahkan oleh kedua belah pihak. Melalui PKS yang dibuat nantinya kedua pihak berharap dapat memajukan kegiatan perikanan di Indonesia khususnya di Bali. Tidak hanya itu, kesepakatan kolaborasi ini nantinya akan ikut menunjang capaian IKU FKP Unud sebagai penyelenggara pendidikan tinggi bidang kelautan dan perikanan di Indonesia. (sar/jubir-unud)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Hosting Indonesia