Beranda Badung News Gandeng DKLH Pemprov Bali, Pascasarjana Unud Gelar Diseminasi Hasil Penelitian

Gandeng DKLH Pemprov Bali, Pascasarjana Unud Gelar Diseminasi Hasil Penelitian

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

DISEMINASI – Pascasarjana Unud menggelar diseminasi hasil penelitian dengan menggandeng DKLH Provinsi Bali.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pada Kamis (30/11) lalu, Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) menggelar Diseminasi Hasil Penelitian Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Unud bertempat di Ruang Sad Kerthi, Kantor DKLH Provinsi Bali.

Diseminasi hasil penelitian ini digelar dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian dosen dan mahasiswa Pascasarjana Unud sehingga dapat dimanfaatkan ataupun hilirisasi hasil penelitian dan dapat pula dijadikan pertimbangan-pertimbangan dalam mengambil keputusan. “Diseminasi hasil penelitian ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk rencana-rencana pembangunan lingkungan ke depannya. Selain itu, agar Pascasarjana Unud sebagai institusi pendidikan dapat berkolaborasi dan berkomunikasi lebih intens untuk saling bekerja sama dalam membangun Bali ke depannya dengan DKLH Provinsi Bali sebagai instansi yang menangani di bidang lingkungan hidup,” ucap Ni Made Utami Dwipayanti, ST, M.Benv, Ph.D selaku Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Pascasarjana Unud.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana Unud, Prof. Dr. Ir. I Wayan Budiasa, SP, MP, IPU ASEAN Eng mengatakan, ia sangat mengapresiasi kegiatan  diseminasi hasil penelitian ini, karena dirasa sangat penting untuk perencanaan pembangunan di bidang lingkungan hidup di Provinsi Bali. “Semoga diseminasi hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan ke depannya dan dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan di Provinsi Bali khususnya,” ucapnya.

Prof. Budiasa menambahkan, dalam sambutannya bahwa sebagai institusi pendidikan juga membutuhkan masukan-masukan dari stakeholder untuk rencana penelitian di tahun depan terkait dengan isu-isu yang saat ini dihadapi dalam bidang kehutanan dan lingkungan hidup seperti pengelolaan sampah, pemanfaatan biodiversitas lingkungan, pengelolaan air, dan lain-lain. Sejalan dengan tujuan kegiatan, Kepala DKLH, Drs. I Made Teja mengatakan, kegiatan ini merupakan momen yang sangat penting untuk dapat menjawab permasalahan yang ada di dinas sekaligus bisa menjadi pertimbangan atau solusi dalam pengambilan kebijakan ke depannya serta bisa memberikan gagasan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. “Terkait hasil penelitian ini, saya rasa bisa sangat dimanfaatkan untuk pengembangan perencanaan ke depannya, sekaligus bisa menjadi pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan kebijakan terkait lingkungan hidup,” ujarnya.

Baca Juga  Walikota Jaya Negara Klarifikasi Pernyataan Sayembara Tiket ke Singapura Bagi Yang Bisa Turunkan Hujan di TPA Suwung

Acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil penelitian yang dibawakan oleh 8 tim peneliti yang terdiri atas dosen dan mahasiswa di Pascasarjana Unud. Seluruh materi yang dibawakan sangat relevan dengan bidang lingkungan hidup, di antaranya dipaparkan mengenai penanggulangan pencemaran logam berat, pencemaran plastik, risiko kesehatan lingkungan, dan lain-lain. Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi antara tim peneliti dengan para undangan terkait. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4069-Gandeng-Dinas-Kehutanan-dan-Lingkungan-Hidup-Pemprov-Bali-Pascasarjana-Unud-Gelar-Diseminasi-Hasil-Penelitian.html

Hosting Indonesia