Beranda Badung News Gelar Seleksi Internal Debat, Universitas Udayana Target Jadi Juara Bertahan

Gelar Seleksi Internal Debat, Universitas Udayana Target Jadi Juara Bertahan

0
Hosting Indonesia

hm-unud

Unud menggelar seleksi internal debat.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana menggelar Seleksi Internal Debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, 9-10 April 2022 di Aula Pascasarjana. Sebanyak 56 orang mahasiswa ikut serta dalam seleksi internal ini yang terbagi menjadi 19 tim. Proses seleksi dilakukan untuk memberikan wadah berkembangnya potensi mahasiswa sekaligus mencetak tim terbaik untuk mewakili Universitas Udayana berkompetisi di ajang nasional.

Koordinator Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan, I Made Budiastrawan, S.Kom., M.M., mengatakan, Universitas Udayana tahun ini menargetkan tim terbaik Debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia Universitas Udayana menjadi juara bertahan dalam ajang kompetisi debat tingkat nasional. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan bulan September tahun 2022 mendatang dengan Universitas Udayana sebagai tuan rumah.

Selain itu, melalui seleksi internal ini pihaknya berharap dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis, sistematis, serta memperkuat karakter mahasiswa akan pemahaman isu nasional dan internasional. Pihaknya berharap, ke depan semakin banyak mahasiswa Universitas Udayana yang berminat mengikuti kompetisi ini. “Harapan kami semakin banyak mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan dari mahasiswa aktif jenjang D3 hingga S1 semakin banyak berminat mempelajari bahasa inggris dan bisa berkompetisi meramaikan acara debat seperti ini,” ucap I Made Budiastrawan, S.Kom., M.M.

Pembina Udayana Debating Society, Ni Luh Putu Krisnawati, S.S., M.Hum., mengatakan seleksi internal akan menjaring 10 pembicara terbaik yang nantinya akan dilatih secara intensif, sehingga siap mewakili Universitas Udayana di ajang nasional. Adapun indikator penilaian debat ilmiah, yaitu strategi dalam memecahkan mosi yang diberikan, kemampuan memberikan solusi, serta kemampuan dalam beragumen.

“Ini menjadi tahap seleksi yang diadakan setiap tahun dan difasilitasi dari biro kemahasiswaan. Dari 19 tim akan dicari 10 pembicara terbaik beserta juara 1, 2 dan 3. Dari para pemenang itu nantinya akan dilatih secara intensif. Kemudian disaring lagi menjadi dua orang untuk mewakili unud dalam ajang nasional,” kata Ni Luh Putu Krisnawati, S.S., M.Hum.

Udayana Debating Society sebelumnya telah berhasil mempertahankan juara dalam Debat Bahasa Inggris Novice Category sejak 2019 hingga 2021 lalu. Pihaknya berharap tahun ini Udayana Debating Society mampu kembali mempertahankan prestasi ini. “Harapannya kita akan mendapatkan hasil terbaik sehingga kita pertahankan gelar juara kita 3 tahun berturut-turut di ajang debat bahasa inggris Novice Category dari Tahun 2019, 2020 dan 2021,” ucapnya. (sar/hm-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4449-Gelar-Seleksi-Internal-Debat-Universitas-Udayana-Target-Jadi-Juara-Bertahan-.html

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaHadiri HUT PPMKI Bali, Wagub Cok. Ace Apresiasi Solidaritas Penggemar Mobil Kuno
Artikel berikutnyaDorong Peningkatan Populasi Sapi Bali, Dinas Pertanian Kembangkan Kebun Edukasi HPT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here