Beranda Bali News Hadiri Berita Resmi Statistik, Sekda Dewa Made Indra Masyarakat tak Panik Berlebihan...

Hadiri Berita Resmi Statistik, Sekda Dewa Made Indra Masyarakat tak Panik Berlebihan terhadap Corona

Hosting Indonesia

ist

STATISTIK – Sekda Dewa Made Indra saat menghadiri berita resmi statistik di Kantor BPS, Senin (2/3).

 

DENPASAR (BALIVIRAL NEWS) –
Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menghadiri acara Berita Resmi Statistik Periode Maret 2020, di Ruang Pertemuan BPS Provinsi Bali, Senin (2/3). Dalam kesempatan tersebut, Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwasanya angka yang dirilis BPS berperan sangat penting, tidak saja sebagai tolak ukur tingkat kesejahteraan masyarakat dan menunjukkan hasil kinerja pemerintah, namun angka tersebut juga menjadi pedoman dalam penyusunan langkah maupun program selanjutnya sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Ke depan, Sekda Dewa Indra berharap agar data angka yang dirilis BPS makin akurat dan akuntabel menggambarkan kondisi sesungguhnya di masyarakat.
Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho melaporkan, pada Februari 2020 di Kota Denpasar tercatat mengalami inflasi setinggi 0,39 % yang ditunjukkan dengan indeks Harga Konsumen sebesar 104,64. Komoditas yang tercatat memberikan andil inflasi pada Februari 2020 antara lain cabai merah, bawang putih, pisang, cabai rawit, dan emas.
Indeks Nilai Tukar Petani (NTP), katanya, pada Februari 2020 tercatat meningkat 0,37% dari 96,27 di bulan Januari 2020 menjadi 96,63. Kenaikan ini dipengaruhi oleh kenaikan indeks harga yang diterima petani yang lebih tinggi daripada kenaikan indeks yang diterima petani.
Terkait jumlah penerbangan angkutan udara international yang berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Januari 2020 jika dibandingkan dengan Desember 2019 naik 4,15 persen atau dari 3.228 unit penerbangan pada Desember 2019 menjadi 3.362 unit penerbangan pada Januari 2020. Dari sepuluh negara tujuan utama, peningkatan tertinggi tercatat untuk tujuan Tiongkok (16,49%) dan diikuti dengan tujuan Hongkong 8,74 %.
Adi Nugroho juga menyampaikan nilai ekspor barang Provinsi Bali di Januari 2020 tercatat 46.595.578 dolar AS lebih tinggi jika dibandingkan dengan ekspor Desember 2019 yang sebesar 45.859.480 dolar AS. Sedangkan untuk nilai impor barang Provinsi Bali dari luar negeri pada Januari 2020 tercatat 23.147.657 dolar AS turun 1.92 % dibandingkan Desember 2019.
Wisatawan mancanegara yang datang langsung ke Bali Januari 2020 tercatat 528.883 kunjungan. Jumlah wisman ke Bali pada Januari 2020 turun 4,26 % dibandingkan dengan catatan bulan Desember 2019. Bila dibandingkan dengan Januari 2019, jumlah wisman ke Bali tercatat meningkat setinggi 16,09 %.
Terkait virus corona, Sekda Dewa Indra dengan awak media menyampaikan bahwasanya semua stakeholder baik Dinas Kesehatan dan rumah sakit terus memperkuat kolaborasi dalam upaya pencegahan dan  pengendalian virus corona.
Terkait adanya isu  warga negara asing yang berkunjung ke Bali dan terindikasi corona, Sekda Dewa Indra menegaskan bahwasannya Dinas Kesehatan dan rumah sakit sudah melakukan penelusuran orang-orang yang pernah kontak dengan warga negara asing tersebut dan pengawasan terus dilakukan baik dengan pengecekan  sampel darah dan  pengamatan suhu tubuh.
Sekda Dewa Indra menegaskan sampai hari ini tidak ada yang positif corona di Bali. Dalam waktu dekat, Pemprov Bali akan menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Bali dengan stakeholder tersebut guna membahas dampak penyebaran virus corona terhadap perekonomian Bali, proyeksi pertumbuhan ekonomi akibat pengaruh virus corona dan rencana aksi untuk berikutnya baik dalam bidang pariwisata dan sektor lainnya termasuk  dalam pengelolaan APBD.
OPD Pemprov Bali diminta melakukan percepatan dalam pengelolaan  APBD baik dalam pengadaan barang dan jasa, percepatan kegiatan pemerintah, percepatan penyaluran dana desa dan penyaluran dana desa adat.
Sekda Dewa Indra juga menegaskan, alat pengukur suhu tubuh  di Bandara Ngurah Rai sudah sangat memenuhi standar international dan dipandang cukup. Prosedur penanganan juga sudah ditetapkan dengan baik mengingat hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat meredam penyebaran virus corona.
Pada akhir wawancara Sekda Indra meminta agar masyarakat tidak panik yang  menimbulkan ketakutan berlebihan di masyarakat  dalam menyikapi virus corona ini.
Editor Wes Arimbawa
Baca Juga  Berdayakan Ekonomi Kerakyatan, Gubernur Koster Minta BPD Dorong Pemberdayaan UMKM
Hosting Indonesia