Beranda Badung News Ini Rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 yang Digelar HMKM FK Unud

Ini Rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 yang Digelar HMKM FK Unud

bvn/net

Gedung Fakultas Kedokteran Unud.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Bahaya Tembakau Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan kegiatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022. Rangkaian kegiatan HTTS 2022 terdiri atas World No Tobacco Day Competition, Podcast HTTS, dan Puncak HTTS 2022. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai bahaya tembakau bagi kesehatan, menciptakan masyarakat yang tanggap terhadap masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok guna meminimalisasikan jumlah perokok, dan untuk memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Rangkaian kegiatan pertama yaitu World No Tobacco Day Competition terdiri atas Lomba TikTok yang mengusung tema “Let’s Take The Action to Protect Our Generation from Tobacco with Creating The Smoke Free Environment” dan Lomba Poster yang mengusung tema “Challenge Our Self to Create The Healthy and Worthy Environment from The Dangers of Tobacco”. Pendaftaran WNTD Competition gelombang 1 dibuka dari tanggal 7-28 April 2022 dan finalisasi dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2022 melalui Zoom Cloud Meetings.

Rangkaian kegiatan kedua yaitu Podcast HTTS yang mengusung tema “Stop Smoking, Let’s Spreading! The Benefit from Smoke Free Environment to Increase The Quality of Our Educational Environment”. Podcast HTTS 2022 ditayangkan secara live melalui youtube channel HMKM FK Unud pada tanggal 31 Mei 2022 pukul 19.00 WITA dengan pembicara yang dihadirkan yaitu I Komang Trisna Angga Pradipta selaku Wakil Ketua BEM FK Unud dan moderator yaitu Luh Putu Sintya Devi Agustin selaku Kepala DK KMPT HMKM FK Unud.

Puncak HTTS merupakan rangkaian kegiatan terakhir dari HTTS 2022 yang dilaksanakan pada 11 Juni 2022 di Pantai Pasar Seni Kuta. Puncak HTTS 2022 mengusung tema “Let’s Build Smoke Free Environment for The Better Health Degree of Our Generation” dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan saat puncak yaitu kegiatan pengabdian masyarakat, seperti bersih-bersih pantai dari sampah puntung rokok dan penyuluhan kepada masyarakat terkait bahaya rokok serta menyuarakan smoke free beach. Kegiatan Puncak HTTS 2022 diawali dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan, kegiatan pengabdian masyarakat, dan pada akhir acara diisi oleh penampilan hiburan yang merupakan persembahan dari mahasiswa aktif PSSKM FK Unud.

Baca Juga  Targetkan Akreditasi Internasional, FK Unud Gelar Re-Akreditasi PS Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter

Puncak HTTS 2022 dihadiri oleh dr. I Wayan Darta selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung yang sekaligus membuka kegiatan ini, dr. Putu Ayu Swandewi Astuti, S.Ked., M.P.H., Ph.D selaku Koordinator PSSKM FK Unud dan Ketua Udayana Central, Dr. I Made Kerta Duana, SKM, MPH selaku Pembina DK KMPT HMKM FK Unud, Bendesa Adat Kuta yang diwakili oleh Dewa Putu Gede Putra selaku Sekretaris Desa Adat Kuta, Ketua dan Wakil Ketua BEM FK Unud, Ketua HMKM FK Unud, Ketua HMKM Universitas Dyana Pura, anggota Asosiasi Media Siber Bali, dan perwakilan lembaga mahasiswa, himpunan mahasiswa, dan badan semi otonom di lingkungan FK Unud. (sar/hm-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1164-Hari-Tanpa-Tembakau-Sedunia-2022.html

Hosting Indonesia