Beranda Berita Utama Jadi RS Tipe C, Puskesmas I Abiansemal Digelontor Dana Rp40...

Jadi RS Tipe C, Puskesmas I Abiansemal Digelontor Dana Rp40 M

0
Hosting Indonesia

ist

dr. Gede Putra Suteja paling kiri dalam sebuah acara.

 

MANGUPURA (BALIVIRAL NEWS) –

Fasilitas penunjang di Puskemas Abiansemal I bakal ditambah. Pemerintah Kabupaten Badung pun menggelontorkan dana besar pada 2019 untuk penambahan fasilitas puskemas yang terletak di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal tersebut. Penambahan fasilitas ini dalam upaya meningkatkan Puskemas Abiansemal I menjadi rumah sakit tipe C.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung, IB Surya Suamba, Senin (27/5) mengungkapkan pemerintah menggelontorkan anggaran Rp 40 miliar untuk kegiatan fisik penambahan fasilitas Puskesmas Abiansemal I, sebagai persiapan peningkatan status menjadi rumah sakit tipe C. Saat ini, pihaknya pun sudah memulai tahap tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Iya, betul (tender Peningkatan Puskesmas Abiansemal I-red). Ini untuk persiapan menjadi rumah sakit tipe C,” ujar Surya Suamba.

Dalam dokumen tender, proyek diberi nama Belanja Modal Gedung dan Bangunan Pengadaan Bangunan Kesehatan, Bangunan Klinik/Puskesmas/Laboratorium, Peningkatan Puskesmas Abiansemal I. Tertera pula dalam dokumen tender bahwa proyek sudah dibuka untuk umum sejak 24 Mei 2019 lalu. Tender akan resmi ditutup pada 11 Juni 2019 mendatang. Hingga kemarin sudah ada 12 rekanan yang berminat atas proyek tersebut.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung dr. I Gede Putra Suteja, membenarkan adanya kegiatan fisik peningkatan Puskesmas Abiansemal I. Namun, kata dia, sekalipun kewenangan puskesmas ada di bawah Diskes, untuk kegiatan fisik tetap ada di tim teknis, dalam hal ini Dinas PUPR. “Begini, ini adalah salah satu persiapan untuk peningkatan status Puskesmas Abiansemal I menjadi rumah sakit. Tetapi tidak ini saja persiapannya, perlu izin juga, perlu alat, dan perlu orang (SDM-red). Makanya segala sesuatunya dipersiapkan,” terangnya.

“Fisik bisa dikerjakan, alat juga tinggal dianggarkan saja, kebutuhan orang sementara bisa diambil dari rumah sakit. Untuk izin ini yang susah, tidak bisa dipresiksi lama tidaknya. Kalau harapannya kami lebih cepat lebih baik,” kata dr. Suteja sembari berharap dengan peningkatan status Puskesmas Abiansemal I menjadi rumah sakit tipe C pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal.

Dengan berubah statusnya menjadi rumah sakit, maka akan ada dokter spesialis di sana, yakni spesialis bedah, penyakit dalam, anak, dan kandungan. Terdapat pula tiga spesialis tambahan, yakni radiologi, laboratorium, dan anastesi. Dengan demikian, pasien yang memerlukan pelayanan bisa segera ditangani. 

Edited by Wes Arimbawa

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaDisbud Badung Selenggarakan Seminar Sarana Upakara
Artikel berikutnyaTingkatkan Rasa Toleransi antar Umat Beragama, Parwata Hadiri Buka Puasa Bersama di Sekolah CIS Bali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here