Beranda Another Region News Jelang Kampanye, Bawaslu Awasi Akun Medsos yang Terdaftar di KPU

Jelang Kampanye, Bawaslu Awasi Akun Medsos yang Terdaftar di KPU

Hosting Indonesia

bvn/gung

Jelang kampanye, Bawaslu awasi akun medsos yang terdaftar di KPU.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Anggota Bawaslu Bali I Wayan Wirka tegas menyampaikan jelang tahapan kampanye, akun media sosial (medsos) yang didaftarkan di KPU akan diawasi penuh oleh Bawaslu. Hal itu diungkapkannya pada saat menjadi narasumber dalam penyuluhan hukum yang digelar oleh Bidang Hukum Polda Bali di Grand Santhi, beberapa hari lalu (Jumat,(13/10/2023)

“Kegiatan kampanye di medsos juga perlu mendapatkan atensi. Terhadap akun yang didaftarkan tentu akan diawasi penuh oleh Bawaslu dan dapat kami tindak,” ungkapnya.

Kendati demikian, menurut Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Bali tersebut, informasi bohong dan ujaran kebencian di tahun politik kerapkali dilakukan oleh akun-akun yang tidak terdaftar di KPU, Bawaslu bersama Sentra Penegakan Hukum terpadu (Sentra Gakkumdu) tidak memiliki kewenangan dalam menindak hal tersebut.

“Hoax dan ujaran kebencian itu biasanya datang dari akun yang tidak terdaftar, Bawaslu dalam melakukan tugas fungsi dibatasi oleh regulasi. Untuk itu permasalahan ini harus masuk dalam ranah cyber crime dan segera ditindak,” ujarnya.

Di sisi lain, Wirka mengungkapkan, saat ini Bawaslu telah menjalin kerja sama dengan pihak Google Indonesia, kerja sama ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan tiga isu khusus di tahun-tahun politik, yaitu antipolitik uang, netralitas ASN, dan politisasi SARA.

“Kemarin juga Bawaslu menjalin kerja sama dengan Google Indonesia dalam menyebarkan edukasi ke masyarakat, ada 3 isu yang dibahas, yaitu antipolitik uang, netralitas ASN, dan politisasi SARA. Hal ini tentu selaras dengan prinsip pencegahan dari Bawaslu,” paparnya.

Selain Wirka, acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, Kepala Bidang Hukum Polda Bali, Kombes Pol. I Gusti Ngurah Rai yang diikuti oleh Personel Polda Bali dan Seksi Hukum Polda Bali sebagai peserta. (bvn4)

Baca Juga  Parwata Serahkan Bantuan kepada Warga Senior Jemaat Betlehem Untal-Untal
Hosting Indonesia