Beranda Another Region News Jelang PKB XLVI, 151 IKM Hasil Kurasi Dekranasda Ditetapkan

Jelang PKB XLVI, 151 IKM Hasil Kurasi Dekranasda Ditetapkan

Hosting Indonesia

bvn/hmprov

RAPAT PENETAPAN – Pj. Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya memimpin Rapat Penetapan Peserta Pameran Kerajinan pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024, di Ruang Rapat Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar (4/6).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pj. Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya memimpin Rapat Penetapan Peserta Pameran Kerajinan pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024, di Ruang Rapat Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar (4/6).

Mengawali arahannya Ny. drg. Ida Mahendra Jaya menyampaikan, perhelatan akbar PKB yang digelar setiap tahunnya, tidak hanya sebagai ajang menampilkan kekayaan seni budaya, tetapi juga momentum penting bagi para perajin lokal untuk memperkenalkan hasil karyanya kepada masyarakat luas, baik dari dalam maupun luar negeri. Pagelaran ini sangat penting sebagai salah satu bagian dari upaya kita bersama dalam mengembangkan serta melestarikan kerajinan khas Bali.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya, Pj. Ketua Dekranasda mengajak semua pihak untuk bersinergi, bergotong royong dan berkomitmen untuk menyukseskan PKB tahun ini. Peran serta kita semua, baik pemerintah, pelaku industri, maupun masyarakat, sangat penting dalam upaya menjaga dan mengembangkan kerajinan Bali agar tetap eksis dan memiliki daya saing tinggi di kancah nasional maupun internasional.

“Saya yakin, dengan kerja sama dan komitmen kita semua, kegiatan ini akan berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan industri kerajinan di Bali, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi para perajin/IKM Bali dan sekaligus dapat melestarikan keberadaan produk-produk kerajinan Bali,” imbuhnya.

Lebih lanjut dalam arahannya, Ny. Ida Mahendra Jaya menambahkan, rapat penetapan peserta pameran kerajinan pada hari ini merupakan rangkaian akhir dari seluruh tahapan seleksi pelaku IKM yang layak sebagai peserta pameran. Sebelumnya telah dilaksanakan proses kurasi oleh Dekranasda Provinsi maupun Kabupaten/Kota dan dilanjutkan dengan proses Validasi oleh Pengurus Dekranasda Provinsi Bali.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Apresiasi Perhatian Berbagai Pihak untuk Relawan Covid-19 Pemprov Bali

“Saya harap proses penetapan peserta pameran kerajinan pada PKB tahun ini dapat berjalan dengan baik, objektif dan adil, sehingga kita benar-benar dapat menampilkan karya-karya terbaik yang mencerminkan kekayaan dan keindahan budaya Bali,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta melaporkan, berdasarkan hasil kurasi yang telah dilakukan oleh Dekranasda Provinsi Bali, Disperindag Provinsi Bali, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali serta Dekranasda Kabupaten/Kota se Bali, PKB ke 46 Tahun 2024 ini akan diikuti oleh 151 IKM/perajin. Adapun 151 IKM tersebut terdiri atas produk perhiasan emas dan perak sebanyak 18 IKM, produk tenun 43 IKM, produk aneka kerajinan 44 IKM serta produk 46 IKM.

“151 IKM telah lolos seleksi yang dilakukan tim kurator kami dan memenuhi kriteria produk baik itu bahan baku, proses pembuatan, hingga kualitas dan harga, para IKM ini akan berpameran di ajang PKB dari tanggal 15 Juni-13 Juli 2024,” imbuhnya.

Tampak hadir pada rapat siang hari ini, Ketua Dekranasda Kabupaten Karangasem Ny. Nuriasih Gede Dana, perwakilan Ketua Dekranasda kabupaten/kota se-Bali, para pengurus Dekranasda Provinsi Bali dan kabupaten/kota. (sar/hmprov)

Hosting Indonesia