Beranda Badung News Kakanwil Kemenkum HAM Bali Sampaikan Tidak Ada Antrean Imigrasi Sampai 5 Jam

Kakanwil Kemenkum HAM Bali Sampaikan Tidak Ada Antrean Imigrasi Sampai 5 Jam

Hosting Indonesia

bvn4

Kakanwil Kemenkum HAM Bali Anggiat Napitupulu

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu angkat bicara terkait artikel dari sebuah blog yang menyampaikan mengenai lamanya antrean selama lebih dari 5 jam di area Imigrasi Bandara Ngurah Rai Bali. Menanggapi hal tersebut Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menyampaikan bahwa keterangan yang disampaikan pada artikel tersebut tidaklah benar.

Anggiat kemudian menjelaskan mengenai kronologis kedatangan dari penulis artikel tersebut saat mendarat di Bali. Yang bersangkutan datang pada Jumat, 29 Juli 2022 dari Bangkok Thailand dan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 14.43 WITA. Yang bersangkutan kemudian melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan dan menuju konter BRI untuk membeli visa on arrival (VOA). Berdasarkan data pada aplikasi perlintasan keimigrasian tercatat yang bersangkutan melakukan pemeriksaan keimigrasian pada pukul 15.47 WITA. Total waktu yang dibutuhkan yang bersangkutan dari keluar pesawat, pemeriksaan KKP, pembayaran VoA dan penyelesaian pemeriksaan keimigrasian adalah 53 menit.

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menambahkan, seiring dengan perluasan kebijakan keimigrasian mengenai penambahan subjek negara VoA dan pemberian bebas visa kunjungan bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, jumlah penerbangan maupun volume kedatangan penumpang yang menuju Bali mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah penerbangan juga mengakibatkan adanya jadwal penerbangan internasional yang mendarat secara berdekatan.

Hal tersebut tentunya berpotensi menyebabkan kepadatan pada area kedatangan pada saat jam sibuk (peak time). Namun Anggiat memastikan bahwa pemeriksaan keimigrasian tetap berjalan lancar dan kondusif. “Kami telah melakukan langkah antisipatif terhadap potensi kepadatan penumpang pada jam sibuk dengan menambah petugas, dengan komposisi 16 konter. Satu konter diisi oleh 2 orang pegawai dapat menyelesaikan pemeriksaan 1.500 penumpang per jam,” tambah Kakanwil Kemenkumham Bali.

Baca Juga  Pemkot Denpasar Bahas "Plan Action Sister City" dengan Mosel Bay Afrika Selatan

Kanwil Kemenkumham Bali mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata Bali dengan berkomitmen untuk menjalankan pemeriksaan keimigrasian sesuai dengan SOP dan peraturan yang berlaku. (bvn4)

Hosting Indonesia