Beranda Another Region News Karya Agung Menawa Ratna, Mewisudha Bumi di Pura Paibon Sira Arya Gajah...

Karya Agung Menawa Ratna, Mewisudha Bumi di Pura Paibon Sira Arya Gajah Para Kaja Kangin Desa Antiga

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

KARYA AGUNG – Pura Paibon Sira Arya Gajah Para Kaja Kangin Desa Adat Angantelu, Desa Antiga Kecamatan Manggis Karangasem melaksanakan Karya Agung Menawa Ratna, Manca Sanak, Mewisudha Bumi, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Pedanaan dan Pedudusan Agung, Rabu (29/11).

 

AMLAPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pura Paibon Sira Arya Gajah Para Kaja Kangin Desa Adat Angantelu, Desa Antiga Kecamatan Manggis Karangasem pada Buda Wage Kelawu (29/11) melaksanakan Karya Agung Menawa Ratna, Manca Sanak, Mewisudha Bumi, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Mepedanaan dan Pedudusan Agung. Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Wy. Datah, Ida Pedanda Gede Nyoman Rai Tianyar dari Griya Menara Sidemen dan Ida Rsi Jumpungan Wesukla dari Griya Palud Tegak Klungkung ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung melalui hibah dana aci anggaran perubahan tahun 2023 Rp 200 juta.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Badung Made Suardita yang juga salah satu panitia mengungkapkan, Karya Agung Menawa Ratna baru pertama kali diselenggarakan dan bertepatan dengan piodalan di Pura Paibon Sira Arya Gajah Para Kaja Kangin. Karya ini berjalan berkat gotong royong seluruh pengempon pura dan bantuan dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

“Karya ini memang bertepatan dengan piodalan di Pura Paibon kami dan karya agung ini memang pertama kali dilaksanakan. Saya mewakili krama pengempon mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Badung karena telah memberikan bantuan sehingga meringankan beban krama pengempon sehingga karya ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Prawartaka Karya I Nengah Sarta turut mengucapkan terima kasih kepada Guru Wisesa dari Kabupaten Badung khususnya Bupati Nyoman Giri Prasta yang telah banyak membantu. Dijelaskan, pengempon Pura Paibon Sira Arya Gajah Para Kaja Kangin Desa Adat Angantelu berjumlah 122 KK dan sudah melaksanakan persiapan upacara sejak beberapa bulan lalu. “Karya dimulai dari bulan Agustus dengan nyukat genah dan melaspas lumbung dilanjutkan mepepada, Rsi Gana serta Wisudha Bumi pada tanggal 22 November, mapepada wewalungan karya tanggal 27 November dan puncak karya mapedanan tanggal 29 November,” jelasnya. (dev/hmbad)

Baca Juga  Wagub Cok. Ace Lantik Pimpinan Baznas Provinsi Bali Periode 2022-2027
Hosting Indonesia