Beranda Badung News Konsisten Menuju Internasionalisasi, FTP Unud Berkolaborasi dengan BOKU University dan UGM

Konsisten Menuju Internasionalisasi, FTP Unud Berkolaborasi dengan BOKU University dan UGM

bvn/jubir-unud

INTERNASIONALISASI – Konsisten menuju internasionalisasi, FTP Unud berkolaborasi dengan BOKU University dan UGM Yogyakarta.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Kembali menunjukkan konsistensi menuju internasionalisasi program, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana Kembali melaksanakan kolaborasi dengan University of Natural Resources and Life Sciences, Vienna (BOKU), Austria. Tidak sampai di sana, FTP Unud juga kali ini berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kegiatan telah dilaksanakan pada 27-30 Juli 2023 di Subak Jaka, Marga, Tabanan yang diikuti oleh 15 anggota subak, 6 ahli penyuluhan, 15 mahasiswa, 6 pegawai laboratorium, dan 10 dosen, serta menghadirkan Dr. Ngadisih dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan menghadirkan Mrs. Katharina Maria Keiblinger, Mr. Gernot Bodner dan Ms. Rebecca Clare Hood dari The University of Natural Resources and Life Sciences (BOKU), Vienna, Austria.

Kegiatan ini juga dihadiri Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D, Koordinator Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem serta Koordinator Program Studi Teknologi Industri Pertanian, dan Koordinator Unit Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat FTP Unud Ni Nyoman Sulastri, STP., M.Agr., Ph.D.

Kolaborasi yang dilaksanakan bertujuan untuk menjalin kerja sama antara Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana, UGM dan BOKU University dalam proses pembelajaran non-gelar yang dilaksanakan untuk berbagi ilmu di bidang teknologi pertanian, khususnya untuk pemberdayaan organisasi subak dan memperkenalkan Universitas Udayana sebagai universitas kelas dunia dengan menunjukkan kemampuan menyelenggarakan kegiatan akademik bertaraf internasional. Kolaborasi kegiatan ini dilaksanakan oleh 2 program studi yang ada di lingkungan FTP Unud yaitu Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu kunjungan Subak Jaka pada 27 Juli 2023 untuk mengambil sampel tanah dari lahan pertanian padi serta mengetahui produktivitas padi dan jeraminya dan sampel tanah kemudian dianalisis di laboratorium yang berlokasi di Kampus Bukit Jimbaran pada tanggal 28-29 Juli 2023. Analisis tanah meliputi sifat fisik, kimia, dan biologi tanah yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, selain itu kegiatan persiapan shampo jerami padi pada 28-29 Juli. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada 30 Juli 2023 di Balai Subak Jaka yang membahas tentang kondisi tanah yang ada, cara meningkatkan kualitas tanah, dan melakukan uji sederhana untuk mengetahui kondisi tanah oleh program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem.

Baca Juga  Bupati Badung Hadiri HUT Ke-17 ST Yowana Lila Cita Banjar Bhuana Gubug, Jimbaran

Selain itu, pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan kepada paguyuban desa untuk pemanfaatan jerami padi sebagai shampoo diberikan oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Seluruh kegiatan ini dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan UGM dan BOKU University. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3380-Konsisten-Menuju-Internasionalisasi-FTP-Unud-Berkolaborasi-dengan-Boku-University-dan-UGM.html

Hosting Indonesia