Beranda Badung News KPU Badung Sebut Dua Parpol Belum Lakukan Verifikasi Faktual Keanggotaan

KPU Badung Sebut Dua Parpol Belum Lakukan Verifikasi Faktual Keanggotaan

Hosting Indonesia

bvn4

Kantor KPU Badung di Jalan Kebo Iwa Denpasar.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung telah memasuki tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik. Dari proses verifikasi perbaikan tersebut, keseluruhan dari partai calon peserta Pemilu 2024 akan ditetapkan di 14 Desember 2022 merupakan tahapan penetapan para peserta Pemilu 2024.

Sesuai pengumuman KPU RI nomor 9 tahun 2022 per 14 Oktober 2022, ada 9 partai telah memenuhi syarat administrasi seperti Partai Perindo, Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Solidaritas Indonesia Partai Buruh dan Partai Ummat.

Selanjutnya dari 9 partai ini terdapat Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Umat masih melakukan verifikasi Faktual Keanggotaan dari tanggal 27 November sampai 7 Desember 2022.

“Per 14 Oktober lalu KPU RI telah memutuskan ada 9 partai politik baru di luar dari 9 partai parlemen lolos administrasi. Saat ini dari 9 partai tersebut ada 2 partai melakukan verifikasi tahap perbaikan yaitu Partai Garuda dan Partai Umat di Kabupaten Badung,” jelas Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta, Senin (28/11) di Badung.

Dia mengatakan, pada 14 Desember mendatang memasuki tahap pengundian nomor urut dan pengumuman peserta Pemilu 2024. Pengundian nomor urut sempat ada mengusulkan agar ditetapkan kembali seperti di Pemilu 2019. “Akan tetapi, hal tersebut menjadi ranah dan kebijakan KPU RI,” cetusnya.

Dia menyampaikan, untuk partai politik di Kabupaten Badung syarat administrasinya adalah minimal memiliki anggota 513 orang. “Tentu kemarin setelah kita verifikasi secara administrasi apakah ada anggotanya yang ganda dengan partai lain kita harus klarifikasi. Kita hadirkan mereka ke kantor KPU untuk ditanyai karena terdaftar di 2 partai,” pungkas Semara Cipta. (bvn4)

Baca Juga  Unud Sosialisasikan Peraturan Menteri PANRB RI Nomor 6 Tahun 2022
Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaPraktikum Lapangan, Prodi Sarjana Peternakan Fapet Unud Perkenalkan Teknik Handling Ternak Kepada Mahasiswa
Artikel berikutnyaKhawatir Kursi tak Bertambah, Golkar Badung Tolak Penggabungan Dapil Abiansemal dan Petang