Beranda Denpasar News Lestarikan Seni Budaya, Wawali Arya Wibawa Buka Parade Gong Kebyar dan Kesenian...

Lestarikan Seni Budaya, Wawali Arya Wibawa Buka Parade Gong Kebyar dan Kesenian Klasik Tahun 2023

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PARADE GONG KEBYAR – Wawali Kota Denpasar Arya Wibawa membuka parade gong kebyar dan kesenian klasik tahun 2023.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede membuka secara resmi Parade Gong Kebyar dan Kesenian Klasik Kota Denpasar Tahun 2023 yang ditandai dengan penyerahan piagam kepada para peserta parade di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, Kamis (30/11). Kegiatan tersebut merupakan upaya berkelanjutan dalam mendukung pembinaan, pengembangan seni budaya serta menjaring seniman muda di Kota Denpasar.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, anggota DPRD Kota Denpasar I Nyoman Darsa, Ketua MDA Kota Denpasar AA Ketut Sudiana, pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Konsultan Seni Kota Denpasar serta undangan lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa turut menyerahkan bantuan uang pembinaan kepada kepada seluruh peserta Parade Gong Kebyar dan Kesenian Klasik Kota Denpasar Tahun 2023.

Sejak resmi dibuka, Parade Gong Kebyar dan Kesenian Klasik Kota Denpasar Tahun 2023 diawali dengan penampilan Sekeha Sabda Kencana Sakti, Desa Adat Ubung Kecamatan Denpasar Utara mebarung dengan Sekeha Yonggy Swara Kelurahan Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat.

Dilanjutkan dengan penampilan Sekeha Dwi Cita Karana, Denpasar Selatan mebarung dengan Sekeha Sekar Kuumara, Banjar Abianangka Kaja, Denpasar Timur pada sesi kedua serta penampilan Sekeha Panca Yowana Kanti, Kelurahan Sumerta, Denpasar Timur mebarung dengan Sekeha Catur Eka Swara Sandhi, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur pada sesi ketiga.

Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut mengatakan, penguatan seni budaya telah menjadi komitmen Pemkot Denpasar dalam pemberdayaan dan pelestarian potensi seni budaya yang ada di perkotaan. Hal ini sesuai dengan visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

Baca Juga  Pemkot Denpasar Terus Genjot Vaksinasi Covid-19, Hingga Kini 152.000 Warga Telah Tervaksin

Dikatakan Arya Wibawa, kesenian klasik dan gong kebyar ini merupakan sebagai salah satu kesenian yang sangat digandrungi oleh masyarakat Bali dan merupakan ajang kreatif para seniman tari serta karawitan Bali khususnya di Kota Denpasar. Parade ini diharapkan menjadi wadah pembinaan dan pelestarian dari salah satu kesenian tradisional khususnya kesenian klasik dan gong kebyar yang telah berkembang di wilayah Kota Denpasar.

“Pemberdayaan dilaksanakan mulai dari jenjang anak-anak dengan penguatan sejak dini yang nantinya diharapkan mencapai taksu atau jiwa berkesenian. Selain itu, ruang berkesenian wajib diberikan kepada para seniman untuk berekspresi. Selain itu, juga penghargaan sebagai apresiasi pemerintah kepada para seniman menjadi peran penting kelanggengan pelestarian kebudayaan di Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purawantara didampingi Kabid Kesenian, I Wayan Narta menjelaskan, Parade Gong Kebyar dan Parade Kesenian Klasik dilaksanakan dengan system/format mebarung. Nantinya peserta parade tampil secara bergiliran dengan urutan materi yang telah disepakati.

Adapun kegiatan tahun ini diikuti 19 sekeha dari empat kecamatan se-kota Denpasar. Terdiri atas 5 Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak, 3 Sekeha Gong Kebyar Wanita, 11 Sekeha Kesenian Klasik. Dari seluruh penampilan ini nantinya akan ditetapkan 4 peserta terbaik. Sedangkan seluruh peserta diberi dana pembinaan sebagai wujud dukungan pemerintah atas dedikasi pelestarian budaya.

Ditambahkan Wayan Narta, kepada semua sekaa peserta parade gong kebyar diberikan dana pembinaan masing-masing Rp 35.000.000 dan piagam penghargaan. Sedangkan khusus untuk parade kesenian kalsik diberikan bantuan uang pembinaan yang besarnya dari Rp 16.000.000 sampai dengan Rp 21.000.000 disesuaikan dengan kuantitas sekeha. (wes/hmden)

Hosting Indonesia