Beranda Badung News Lewat Tes IVA, RS Unud Deteksi Dini Kanker Serviks Bagi Warga Perempuan...

Lewat Tes IVA, RS Unud Deteksi Dini Kanker Serviks Bagi Warga Perempuan di Desa Kutuh

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

RS Unud menggelar detensi dini kanker serviks bagi warga perempuan di Desa Kutuh.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Puskesmas Kuta Selatan yang bekerja sama dengan RS Unud menyelenggarakan layanan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), Rabu (15/3/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di Puskesmas Pembantu Desa Kutuh ini dihadiri wanita yang sudah menikah rentan usia 30-50 tahun yang telah memenuhi syarat dan ketentuan sebelum pelaksanaan tindakan. Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, turut terlibat bidan, dokter Obstetri dan Ginekologi, serta dokter muda dari RS Unud dan Pustu Desa Kutuh. dr. I Gde Sastra Winata, M. Biomed., Sp.OG(K) selaku dokter Obsteri dan Ginekologi RS Unud sekaligus pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa test IVA merupakan pemeriksaan yang mudah, murah dan cepat untuk deteksi dini kanker serviks, sehingga jika ditemukan kelainan dapat ditangani lebih awal.

Dengan berlangsungnya kegiatan pemeriksaan kanker serviks diharapkan masyarakat, terutama bagi wanita pasca menikah dapat mengetahui secara dini kondisi kesehatan alat reproduksinya. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/

Baca Juga  Dekan FIB Unud Pimpin Sidang Rencana Pembentukan Asosiasi Ilmu Humaniora
Hosting Indonesia