Beranda Another Region News Listrik Alami Gangguan Urgen Saat Nyepi? Catat Ini yang Harus Dilakukan ..

Listrik Alami Gangguan Urgen Saat Nyepi? Catat Ini yang Harus Dilakukan ..

Hosting Indonesia

bvn/sar

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Bali Made Arya.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

PT PLN memastikan layanan saat Nyepi tahun 2023 ini masih seperti tahun-tahun sebelumnya. Yang membedakan hanya ketika ada gangguan, PLN tak bisa langsung turun ke lapangan untuk memperbaikinya.

Hal itu diungkapkan Manajer Komunikasi dan TJSL PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali Made Arya saat jumpa media, Jumat (17/3/2023) di sebuah rumah makan di bilangan Renon Denpasar. “Kami pastikan pelayanan masih tetap sama. Yang membedakan cuma saat terjadi gangguan, PLN tak bisa langsung turun ke lapangan,” tegasnya.

Menurutnya, PLN takkan memadamkan listrik pada saat Nyepi yang jatuh pada Rabu (22/3/2023) mendatang, kecuali di Nusa Penida. Di kecamatan ini, pemadaman dilakukan mulai pukul 08.00, Rabu (22/3) hingga besoknya Kamis (23/3), pukul 04.00. “Kenapa dipadamkan, karena menggunakan pembangkit yang mengeluarkan suara. Selain itu, pemadaman ini atas kesepakatan aparatur desa setempat yang diketahui Camat, Kapolsek, Danramil termasuk juga ditembuskan ke Bupati Klungkung,” tegasnya.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat jika menemukan potensi-potensi gangguan agar segera melaporkan ke PLN. “Mumpung masih ada waktu, potensi gangguan tersebut bisa kami perbaiki sehingga tidak mengalami gangguan pada saat Nyepi,” katanya.

Bagaimana mekanisme jika ada gangguan urgen saat Hari Raya Nyepi? Menjawab ini Made Arya menyatakan, ketika ada gangguan yang sifatnya urgen, misalnya berpeluang terjadi kebakaran, silakan koordinasi dengan pecalang setempat. Pecalang nanti mengawal tim dari PLN untuk turun ke lapangan. Tim yang turun ke lapangan juga sudah dilengkapi dengan surat dispensasi untuk menjalankan tugas saat Nyepi dari Majelis Desa Adat. Jika tidak begitu urgen, katanya, petugas akan memandu melalui telepon.

Baca Juga  Buka Rakornas Transisi PC-PEN, Presiden Apresiasi Kerja Keras Jajaran Tangani Pandemi

PLN, kata Made Arya, menyiapkan posko-posko di kantor-kantor PLN. Tim ada stand by di sana. Jika memang ada yang urgen, petugas PLN bisa dikawal untuk turun memperbaiki gangguan yang ada. “Jumlah personel yang disiagakan sekitar 2.000 orang di 52 posko di seluruh Bali,” katanya.

Arya menambahkan, beban puncak PLN saat ini sudah di angka 951 megawatt (MW), namun pada saat Nyepi beban puncak diperkirakan hanya 578-an. Ini karena umat tidak boleh menyalakan lampu karena melaksanakan amati geni. Sementara umat non-Hindu masih boleh menyalakan lampu dengan toleransi sinar lampu tak boleh hingga keluar. (sar)

 

Hosting Indonesia