Beranda Another Region News Luncurkan Buku Kumpulan Puisi, Putri Koster tetap Komit Geliatkan UMKM Bali

Luncurkan Buku Kumpulan Puisi, Putri Koster tetap Komit Geliatkan UMKM Bali

Hosting Indonesia

sar

PUISI – Putri Suastini Koster tampil membawakan puisi Sumpah Kumbakarna saat meluncurkan kumpulan puisi “Ibunda Tercinta”, Rabu (27/1/2021).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Ny. Putu Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali dan Ketua Dekranasda Bali tetap komit untuk menggeliatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Bali. Dalam kegiatan dan acara apa pun, pendamping orang nomor satu di Bali itu tetap menyelipkan pesan agar peserta mengkonsumsi atau menggunakan produksi UMKM lokal.

Saat peluncuran buku kumpulan puisi pada Rabu (27/1/2021) misalnya, Putri Koster tak seketika gembira ketika melihat peserta sebagian menggunakan pakaian endek. Lo kenapa? Putri Koster pun meminta baju endek yang digunakan agar betul-betul yang diproduksi oleh perajin lokal.

Harapan ini dilontarkan pencetus Festival Seni Bali Jani (FSBJ) ini, karena saat ini banyak produk endek diproduksi di luar daerah. Jika endek luar yang digunakan, tentu saja tak ada benefit atau keuntungan yang bisa dinikmati oleh perajin Bali. Ini salah satu komitmen yang tetap dipegang oleh seniman multitalenta tersebut.

Selain itu, dalam acara apa pun Putri Koster senantiasa menggandeng BPD, bank milik krama Bali serta Balimall.id. Bank BPD Bali dipastikan mampu men-support UMKM dari sisi permodalan, sementara Balimall.id merupakan marketplace berizin yang telah dimiliki Bali. Balimall.id mampu men-support UMKM dari sisi pemasaran secara online.

Buku kumpulan puisi Berjudul “Ibunda Tercinta” kado puisi untuk Ni Putu Suastini diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-55 Putri Suastini Koster pada 27 Januari 2021. Semua peserta yang hadir harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya peserta harus mengikuti rapid test antigen terlebih dahulu.

Baca Juga  Update Covid 19 di Denpasar, 16 Orang Sembuh, Kasus Positif Bertambah 6 Orang

Acara tersebut dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, kalangan seniman seperti Umbu Landu Paranggi, Putu Satria Kusuma, Ketua Dermaga Seni Buleleng Gde Artawan, Wayan Jengki Sunarta, Dewa Putu Sahadewa yang juga dikenal sebagai dokter serta sejumlah seniman termasuk seniman luar daerah seperti Jakarta dan Yogyakarta. Acara yang juga dihadiri gitaris kenamaan Balawan tersebut juga diikuti puluhan seniman secara daring atau virtual.

Khusus seni nontradisi, kata Putri Koster, saat ini berlangsung Festival Seni Bali Jani. Festival ini memberi ruang yang luas untuk seni nontradisi seperti seni teater, puisi, maupun drama modern. “Mari manfaatkan ajang FSBJ ini untuk pengembangan seni nontradisi,” tegasnya.

Setelah membacakan puisi “Sumpah Kumbakarna”, Putri Koster pun meluncurkan buku kumpulan puisi tersebut. Peluncuran ditandai dengan pemotongan tumpeng yang selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Bali Wayan Koster.

Editor N. Sarmawa

 

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaRugi Rp13,8 Miliar, Komisi III DPRD Badung Panggil Perumda Air Minum Tirta Mangutama
Artikel berikutnyaTindak Lanjuti Instruksi Mendagri dan SE Gubernur, Bupati Badung Terbitkan SE Perpanjangan PPKM