Beranda Denpasar News Manfaatkan Lahan Kosong dan Cegah Stunting, PKTM Desa Dangin Puri Kelod Tanam Sayuran

Manfaatkan Lahan Kosong dan Cegah Stunting, PKTM Desa Dangin Puri Kelod Tanam Sayuran

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PKTM Desa Dangin Puri Kelod menanam sayur  dan membuat kolam lele.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Untuk menekan angka stunting serta memanfaatkan lahan yang kosong, Desa Dangin Puri Kelod melalui program Padat Karya Tunai Murni (PKTM) menanam aneka  sayuran dan membuat kolam ikan lele. Perbekel Desa Dangin Puri Kelod I Made Sada mengatakan, program ini menjadi penting karena hasil dari panen, sebanyak 20% akan disumbangkan ke posyandu setiap banjar di Desa Dangin Puri Kelod.

Lebih lanjut ia mengatakan, hasil panen yang telah disumbangkan ke posyandu itu diolah langsung oleh  kader PKK sebagai pemberian makanan tambahan dalam kegiatan posyandu, sedangkan sisanya akan dijual oleh BUMDes. “Dengan langkah tersebut dapat menekan angka stunting di Kota Denpasar,” kata Sada saat melakukan peninjauan kegiatan Jumat (20/5).

Menurunya Padat Karya Tunai Murni merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dalam kegiatan PKTM ini pihaknya melibatkan 8 orang yang tidak memiliki pekerjaan untuk melakukan penanaman sayur kangkung, terong dan tomat  dan memelihara ikan lele. 8 orang yang dipekerjakan dalam melaksanakan program PKTM tersebut merupakan usulan dari setiap banjar yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan.

Dengan adanya program padat karya tunai selain menampung tenaga kerja, kegiatan ini diharapkan dapat menambah ketahanan pangan dan dapat meningkatkan kesehatan warga dan mencegah terjadinya stunting. (wes/hmden)

Baca Juga  Kembali Lampaui Kasus Positif, Hari Ini 87 Orang Pasien Covid-19 di Kota Denpasar Sembuh
Hosting Indonesia