Beranda Another Region News Ny. Putri Koster Resmikan PUSPA AMAN di Desa Sidan, Gianyar

Ny. Putri Koster Resmikan PUSPA AMAN di Desa Sidan, Gianyar

Hosting Indonesia

hmprov

PUSPA AMAN – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster meresmikan PUSPA AMAN di Desa Sidan Gianyar, Jumat (8/4).

 

GIANYAR (BALIVIRALNEWS) –

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster berkesempatan meresmikan serta memberikan sambutan pada acara peluncuran Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman (PUSPA AMAN) bertempat di Kissidan Ecohill, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar pada Jumat (8/4/2022).

Dalam acara yang turut juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Diana Dewi Agung Mayun, Sekda Kabupaten Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, jajaran pengurus Gatriwara Kabupaten Gianyar, camat se-Kabupaten Gianyar, serta kepala desa dan lurah se-Kabupaten Gianyar, Ny. Putri Koster sangat mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh TP PKK Gianyar tentang pemberdayaan lahan kosong untuk ditanami tumbuhan kebutuhan pokok.

“Hal tersebut sangat sejalan dengan salah satu program pokok PKK yaitu HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, red), yang juga digalakkan secara massif oleh TP PK Provinsi Bali sejak tahun 2018 yang lalu,” jelasnya.

Ny. Putri Koster

Menurut wanita yang dikenal sebagai seniman serba bisa itu, HATINYA PKK yang sudah digerakkannya dengan cara turun langsung ke desa-desa seluruh Bali sudah terbukti berhasil menjaga ketahanan pangan di tingkat keluarga. “Bayangkan saat cabai mahal, kita tidak risau karena sudah tanam duluan. Begitu juga sekarang minyak mahal harusnya kita tidak terdampak jika punya kelapa, ya tinggal bikin minyak sendiri, malah lebih sehat,” imbuhnya.

Sekarang dirangkaikan dengan PUSPA AMAN selain memanfaatkan lahan kosong di rumah, juga bisa menggunakan lahan tidak produkif di suatu desa untuk dikembangkan sebagai penghasil dalam memperbaiki gizi keluarga dan masyarakat sekaligus juga bisa digunakan sebagai tambahan penghasilan. Ia pun berharap inovasi ini bisa ditularkan ke kabupaten lain sehingga ketahanan pangan di Provinsi Bali pun segera tercapai. Hal itu juga sesuai dengan semangat visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali oleh Gubernur Wayan Koster, salah satunya bertujuan berdikari secara ekonomi.

Baca Juga  DPM PTSP Provinsi Bali Tingkatkan Standar Pelayanan Melalui Forum Konsultasi Publik

Untuk Kabupaten Gianyar, wanita yang akrab disapa Bunda Putri itu pun melanjutkan bahwa Gianyar tidak hanya terkenal akan pariwisatanya, namun juga telah berhasil memperkuat sektor pertanian, apalagi ditambah dengan PUSPA AMAN ini. Menurutnya, hal ini sangat sesuai dengan konsep Ekonomi Kerthi yang digagas oleh Gubernur Koster. “Dalam konsep Ekonomi Kerthi Bapak Gubernur telah menetapkan 6 sektor sebagai sumber perekonomian Bali, dan pertanian menjadi sektor pertama, sehingga nanti kita tidak tergantung dengan sektor pariwisata saja,” imbuhnya.

Hal lain yang menjadi penekannya adalah pengolahan sampah berbasis sumber. Ia pun mengajak masyarakat terutama kalangan ibu rumah tangga dengan digerakkan oleh TP PKK untuk mulai melakukan pengelolaan sampah dari rumah masing-masing. Sampah ditekankannya harus diselesaikan di lingkungan rumah tangga, sehingga tidak terjadi lagi penumpukan sampah di TPA. Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk mulai sadar memilah sampah di rumah. “Yuk kita mulai dari rumah masing-masing, dengan mengelola pekarangan rumah hingga sampah rumah tangga. Ini juga usaha kita sebagai mitra kerja pemerintah membantu mempercepat pembangunan Bali terutama di bidang pangan dan kebersihan,” tandasnya.

Sebelumnya TP PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, PUSPA AMAN sudah diluncurkan sejak tahun 2018. Hal itu bertujuan untuk mempercepat ketahanan serta keanekaragaman pangan di tingkat rumah tangga dan masyarakat.

Saat ini, menurutnya, program PUSPA AMAN sudah diperluas ke lingkungan masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur untuk dimanfaatkan sebagai tempat penanaman kebutuhan pangan, salah satunya di Desa Sidan ini. Dengan memanfaatkan lahan tidur seluas 10 are, stakeholder berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan lahan ini.

“Tanah 3 are digunakan sebagai lahan PUSPA AMAN sisanya sebagai objek wisata serta ke depan akan dikembangkan sebagai desa wisata,” bebernya. Untuk pengerjaannya juga dibantu dana CSR oleh BPD Bali Cabang Gianyar berupa bantuan playground dan plang papan nama. Selain itu PUSPA AMAN di Kissidan Ecohill juga akan digunakan sebagai tempat budidaya tanaman kelor yang telah ditetapkan oleh Bupati Gianyar sebagai salah satu tanaman maskot Kabupaten Gianyar selain bunga pucuk bang.

Baca Juga  Ny. Putri Koster Ajak Masyarakat Dukung Program Percepatan Gerakan Vaksinasi

Bupati Gianyar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya menyampaikan apresiasi terhadap TP PKK Provinsi Bali untuk perhatian dan bimbingan kepada TP PKK Gianyar. Ia berharap arahan Ketua TP PKK Provinsi Bali bisa memotivasi TP PKK Kabupaten Gianyar dalam Gerakan PKK sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Mengenai PUSPA AMAN sendiri, ia menyampaikan komitmen kuat Pemkab Gianyar dalam mendukung gerakan tersebut, sehingga mengimbau lurah dan kepala desa agar menganggarkan APBDes untuk pembentukan dan pembinaan PUSPA AMAN. Selain itu ia juga memerintahkan OPD untuk menganggarkan pembinaan PUSPA AMAN juga.

Dalam kesempatan pagi itu, Ny. Putri Koster juga berkesempatan meninjau rumah bibit, memanen hasil perkebunan PUSPA AMAN berupa cabai dan terong, menanam pohon kelor serta menebar benih ikan nila. (sar/hmprov)

Hosting Indonesia