Beranda Denpasar News Pastikan Keamanan dan Kertertiban, Desa Padangsambian Klod dan Kelurahan Penatih Gelar Sidak...

Pastikan Keamanan dan Kertertiban, Desa Padangsambian Klod dan Kelurahan Penatih Gelar Sidak Duktang

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PENDATANG – Penertiban penduduk pendatang digelar Rabu malam (24/1/2024) di Desa Padangsambian Klod dan di Kelurahan Penatih.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Desa Padangsambian Klod, Kecamatan Denpasar Barat dan Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur melaksanakan operasi penertiban penduduk pendatang (duktang) di wilayah masing-masing, pada Rabu (24/1) malam. Hal ini dilaksanakan guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat serta menjaga kondusifitas di wilayah tersebut.

Penertiban di Padangsambian Klod ini, melibatkan Kapolsek Denpasar Barat, Back Up K9 Polda Bali, Satpol PP Kecamatan Denpasar Barat, BPD, perangkat dan staf desa, LPM, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kelihan adat, Linmas dan pecalang se- Desa Padangsambian Klod,

Perbekel Padangsambian Klod I Gede Wijaya Saputra, SH menjelaskan, kegiatan ini dilakukan serentak di 12 dusun di Desa Padangsambian. Adapun pelaksanaannya bertujuan untuk memonitoring keamanan dan ketertiban masyarakat, serta menjaga kondusivitas keamanan di wilayah Denpasar Barat. Terlebih pelaksanaan penertiban penduduk pendatang ini juga menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Dari penertiban ini ditemukan 213 orang penduduk pendatang. Dari jumlah tersebut 210 orang KTP luar Bali yang mayoritas penduduk Nusa Tenggara Timur dan 3 orang tanpa identitas. Selain itu, pada giat tersebut juga turut ditertibkan kendaraan yang tidak sesuai standar.

“Penertiban yang melibatkan 200 personel menemukan sepeda motor, 1 Unit Bisone tanpa identitas kendaraan, 1 unit Mio dan 1 unit supra fit,” jalas Wijaya.

Kegiatan serupa juga dilakukan oleh Kelurahan Penatih dengan melibatkan berbagai instansi seperti Pecalang, Linmas, kepala lingkungan, Satpol PP Kecamatan, Babinsa, Babinkantibmas, Polsek Denpasar Timur dan Polda Bali. Penertiban menyasar Lingkungan Angabaya dan Tembau Kaja.

Lurah Penatih I Wayan Murda menegaskan, pentingnya administrasi kependudukan. Pihaknya meminta penduduk nonpermanen mendaftar di wilayah Kelurahan Penatih. Dari giat tersebut, terjaring 3 orang penduduk yang berasal dari luar Kota Denpasar.

Baca Juga  Ny. Antari Jaya Negara Sebut Dongeng Bahasa Bali Sebagai Langkah Pengembangan Imajinasi Anak

Murda mengimbau seluruh penduduk nonpermanen agar tetap tertib administrasi kependudukan dan berperan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah Penatih. Penertiban ini menjadi langkah proaktif dalam menjaga kondusivitas wilayah di tengah persiapan menuju Pemilu 2024. (wes/hmden)

Hosting Indonesia