Beranda Badung News Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran di Badung

Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran di Badung

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

RELAWAN DAMKAR – Wabup Ketut Suiasa saat menghadiri pembentukan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran (damkar) di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Rabu (17/4).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa memberikan apresiasi atas terlaksananya pembentukan relawan pemadam kebakaran. Hal ini sebagai upaya upaya kesiapsiagaan wilayah terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Badung. Acara yang dilaksanakan di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung dibuka oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Rabu (17/4) dan turut dihadiri perwakilan Forkopimda Badung, perwakilan OPD terkait di lingkup Pemkab Badung serta para instruktur.

“Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan jaminan serta proteksi kenyamanan, keamanan, keselamatan untuk masyarakat dalam penanggulangan bencana khususnya risiko kebakaran. Karena kita tahu risiko kebakaran tidak semata-mata risiko kehilangan harta benda, namun yang lebih fatal lagi pada risiko kematian,” ujar Wabup Ketut Suiasa.

Dikatakan lebih lanjut, akibat dari bencana kebakaran akan menimbulkan beban mental dan trauma terhadap korban kebakaran itu sendiri. Bagi Pemerintah menjadi suatu kewajiban untuk bisa mewujudkan rasa nyaman, aman bagi masyarakat. “Kita menyadari, untuk mewujudkan itu semua pemerintah tidak bisa sendiri, perlu ada sinergi, ada kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. Salah satunya melalui pembentukan Redkar ini yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa yang juga diberi tugas untuk mensosialisasikan tentang teknik dan keterampilan penanganan kebakaran, karena itu tidak sekadar menyiramkan air tapi itu merupakan sebuah skill dan ilmu,” jelas Suiasa.

Kadis Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung Wayan Wirya melaporkan, pelatihan relawan kebakaran dihadiri perwakilan dari 5 kecamatan, kecuali Kecamatan Petang yang sudah selesai dilaksanakan pada tahun 2023. Namun pengukuhannya akan dilaksanakan bersamaan tanggal 29 April 2024 yang melibatkan semua perwakilan dari masing kecamatan se-Badung dengan jumlah 325 orang. “Diharapkan melalui kegiatan ini akan terbentuk satuan masyarakat yang terampil dalam mengantisipasi bahaya kebakaran dini di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ucapnya. (dev/hmbad)

Baca Juga  Gelar Paruman Agung XVIII, Putu Parwata "Support" Forum Persaudaraan Mahasiswa Hindu Dharma Unud
Hosting Indonesia