Beranda Budaya Pemkot Denpasar Dukung Pameran Keris Localan Bali 2024

Pemkot Denpasar Dukung Pameran Keris Localan Bali 2024

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PAMERAN KERIS – Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat menerima audiensi dari panitia Pameran Keris Localan Bali 2024, Unggit Desti, Jumat (19/4) di Kantor Walikota Denpasar.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pameran Keris Localan Bali Tahun 2024 yang diinisiasi Kadek Dharma Apriana atau yang akrab disapa Unggit Desti mendapat dukungan dari Pemkot Denpasar. Dukungan disampaikan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat menerima audiensi dari Unggit Desti bersama Tim Pameran Keris Localan Bali, Jumat (19/4) di Kantor Walikota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Arya Wibawa memberikan apresiasi pelaksanaan Pameran Keris Localan Bali 2024 yang akan berlangsung pada 14 Juni mendatang di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar. Event dari gagasan Unggit Desti ini telah masuk dalam rangkaian festival anak muda Denpasar, yang kita kenal dengan Denpasar Youth Festival Tahun 2024.

“Kami bersama Bapak Walikota Denpasar sangat mendukung kegiatan ini, dan telah masuk dalam rangkaian kegiatan D’youth Festival Tahun 2024,” ujar Arya Wibawa.

Lebih lanjut Arya Wibawa menyampaikan, Pameran Keris Localan Bali ini juga menjadi agenda pelestarian budaya keris Bali yang merupakan upaya untuk mempertahankan warisan budaya yang berharga.

Keberadaan keris Bali yang juga dikenal dengan sebutan kadutan dapat dicintai generasi muda, terlebih dalam era kemajuan teknologi saat ini. Di samping itu, keberadaan keris di Bali telah menjadi bagian dalam kegiatan agama dan budaya, yang tentunya dapat terus diperkenalkan dan dicintai oleh generasi muda.

“Terlebih dalam gagasan Unggit Desti yang juga diselenggarakan kegiatan seminar tentang keris Bali dengan melibatkan para pakar keris Bali dan budayawan serta menghadirkan siswa SMP, SMA/SMK dan perguruan tinggi dapat memberikan pengetahuan tentang pelestarian keris Bali,” ujarnya.

Baca Juga  Dua Jurnal FH Unud Torehkan Prestasi Atas Peringkat Akreditasi SINTA

Ketua Pelaksana Pameran Keris Localan Bali, Unggit Desti menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan Pemkot Denpasar. Pameran Keris Localan Bali berawal dari keresahan akan eksistensi keris Bali di kalangan generasi muda.

Menurut pria asal Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan ini, Pameran Keris Localan Bali untuk merangsang kecintaan anak muda Bali untuk kembali bangkit melestarikan keris Bali. Dalam era modern saat ini, ternyata anak-anak muda Bali masih eksis dan ajeg dalam mewariskan prapen pande besi yang telah diwariskan secara turun-temurun. Dalam ajang ini, kita pamerkan karya-karya dari Prapen Pande anak muda Bali yang telah diwariskan turun-temurun.

“Kita merancang kegiatan Pameran Keris Localan karya dari pande asli Bali, untuk memamerkan, merangsang dan memperkenalkan karya-karya keris baru atau keris karmandikan hasil karya dari pande muda Bali,” ujar Unggit Desti. (wes/hmden)

Hosting Indonesia