Beranda Budaya Pemkot Denpasar “Ngaturang Pujawali” di Pura Merajan Selonding Besakih

Pemkot Denpasar “Ngaturang Pujawali” di Pura Merajan Selonding Besakih

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PUJAWALI – Persembahyangan bersama Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana dan OPD Pemkot Denpasar dalam pelaksanaan pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih, Kamis (8/2) di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

 

AMLAPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar berkesempatan melaksanakan pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih, Kamis (8/2) di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Iringan tabuh, topeng dan wayang lemah pun turut melengkapi pengilen upacara yang dipuput Ida Pedanda Gede Rai dari Gria Singarateng, Rendang Karangasem, serta diakhiri dengan persembahyangan bersama.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana hadir mewakili Walikota Denpasar yang didampingi pimpinan OPD Pemkot Denpasar. Hadir pula Ketua PHDI Denpasar I Made Arka dan Ketua MDA Denpasar AA Ketut Sudiana. “Pemkot Denpasar merasa berbahagia dapat kembali melaksanakan pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih,” ujar Sekda Alit Wiradana yang ditemui di sela-sela pujawali.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pelaksanaan pujawali ini sebagai bentuk penghormatan ke hadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa yakni berkaitan dengan Parahyangan. Hal ini juga berkaitan dengan konsep Tri Hita Karana di Bali yang mengutamakan keseimbangan dan harmoni antara tiga unsur utama, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan (Parahyangan), hubungan manusia dengan manusia lainnya (pawongan), dan hubungan manusia dengan alam semesta (palemahan).

“Harapan kita bersama dalam pelaksanaan pujawali menjadi implementasi nyata dari konsep Tri Hita Karana dalam keseimbangan dan harmoni antara manusia, alam, dan Tuhan,” ujar Alit Wiradana.

Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara menyampaikan, dalam kesempatan kali ini Pemkot Denpasar kembali melaksanakan pujawali di Pura Merajan Selonding Besakih. Hal ini tidak terlepas dari peran Pemkot Denpasar sebagai pengempon Pura Merajan Selonding Besakih. “Bahwa Denpasar mengemong dua Pura di Besakih, yakni Pura Merajan Selonding dan Pura Pengubengan,” ujar Ida Bagus Alit Surya Antara, sembari mengharapkan dalam pujawali kali ini bersama-sama memohon keselamatan, keseimbangan serta kesejahteraan alam beserta isinya. (wes/hmden)

Baca Juga  Sosialisasi dari BDDN, Pemprov Bali Fasilitasi Dana Punia dari ASN Bagi Program Keumatan Hindu
Hosting Indonesia