Beranda Denpasar News Pemkot Denpasar Terus Bersinergi dengan Pemerintah Pusat Dukung Pengendalian Inflasi

Pemkot Denpasar Terus Bersinergi dengan Pemerintah Pusat Dukung Pengendalian Inflasi

bvn/hmden

PENGENDALIAN INFLASI – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara virtual di Kantor Walikota Denpasar, Senin (18/9).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar siap bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam mendukung pengendalian inflasi. Hal tersebut diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara virtual di Kantor Walikota Denpasar, Senin (18/9).

Turut mendampingi pada kesempatan tersebut, Kadis Perindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari, Kadis Kominfos Kota Denapsar IB Alit Adhi Merta, Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar I Wayan Putra Sarjana, Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Denpasar, serta instansi terkait lainnya.

Dalam arahannya, Irjen Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir mengatakan, saat ini Tim Pengendali Inflasi baik di pusat maupun di daerah masih berupaya untuk mengatasi harga pangan khususnya komoditas beras. “Sudah tiga minggu lebih harga beras terus merangkak naik dan belum menghasilkan penurunan yang signifikan hingga saat ini. Hal ini harus menjadi kewaspadaan agar inflasi tidak meningkat,” katanya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, AA Gde Risnawan didampingi Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar I Wayan Putra Sarjana menjelaskan, Pemkot Denpasar terus menggencarkan beragam upaya dalam menekan dan mengendalikan inflasi di Kota Denpasar. Hal ini termasuk juga membangun sinergitas dengan Pemerintah Pusat dalam perumusan kebijakan, inovasi serta program prioritas.

“Pada intinya kami di Pemerintah Kota Denpasar siap bersinergi dengan pemerintah pusat, baik itu kebijakan, inovasi dan program dalam penanganan inflasi berkelanjutan,” ujarnya

Dijelaskan, hingga saat ini angka inflasi Kota Denpasar pada Agustus berada di kisaran 0,21 persen, sedangkan angka inflasi tahun kalender Kota Denpasar berada di angka 1,58 persen. Komoditi penyumbang inflasi di Kota Denpasar diketahui yakni cabai rawit, akademi/perguruan tinggi, canang sari, sekolah dasar, air kemasan, beras hingga telur ayam. “Saat ini harga beras mulai meningkat dan menjadi perhatian serius TPID Kota Denpasar,” jelasnya.

Baca Juga  Tekan Kasus DBD, Puskesmas I Denpasar Timur Lakukan "Fogging Focus"

Dikatakannya, beragam inovasi terus dioptimalkan Pemkot Denpasar dalam mendukung pengendalian inflasi. Mulai dari pelaksanaan Rakornas Pengendalian Inflasi, koordinasi dengan Bulog, pemantauan stok dan pasokan harga pangan, Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, pelaksanaan panen padi dan jagung, bazar pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan, panen bawang merah dan pemantauan stok beras. “Kami berharap melalui giat program dan inovasi ini produktif dalam menekan angka inflasi di Kota Denpasar,” ujarnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia