Beranda Another Region News Rumah Sakit Hewan FKH Unud Sebagai Tim Kesehatan Anjing pada “Bali Dog...

Rumah Sakit Hewan FKH Unud Sebagai Tim Kesehatan Anjing pada “Bali Dog Show 2022”

Hosting Indonesia

hm-unud

Bali Dog Show 2022 digelar serangkaian HUT ke-251 Kabupaten Gianyar.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Dalam situasi pandemi saat ini, dokter hewan harus mampu mengatasi dan menyesuaikan perannya untuk mendukung kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, serta menjaga lingkungan. Dokter hewan harus tangguh dan lebih siap untuk menangani tantangan dan krisis sehari-hari yang mungkin terjadi dalam praktik mereka.

Memperingati hari Kedokteran Hewan Sedunia (Wold Veterinary Day 2022), yang tahun 2022 diperingati tanggal 30 April 2022, Rumah Sakit hewan Pendidikan (RSHP) Udayana merayakan dengan melaksanakan pengabdian berupa pemeriksaan kesehatan anjing pada gelaran Bali Dog Show 2022 dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Gianyar ke-251. Pada pengabdian ini juga dilakukan edukasi masyarakat tentang pentingnya pemeliharaan anjing yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Acara pengabdian yang mengusung tema “Kontribusi dokter hewan terhadap kesehatan hewan, manusia, dan lingkungan” dilaksanakan selama dua hari yaitu 23 dan 24 April 2022 bertempat di arena Gianyar Dog Show, GOR Kebo Iwa Gianyar. Pengabdian ini diikuti oleh dosen serta mahasiswa FKH dimulai dari pukul 08.00 sampai 18.00.

Pengabdian ini sejalan dengan dengan tujuan diadakannya Gianyar Dog Show  yaitu pendidikan kepada masyarakat bagaimana memelihara anjing yang bertanggung jawab dan berkualitas. Hal ini penting mengingat Bali masih terjadi wabah penyakit rabies begitu juga di Kabupaten Gianyar. Dengan perhelatan yang merupakan pertama kali diadakan selama covid-19, RSHP berharap masyarakat pencinta anjing yang ikut pameran ini tetap menjaga Kesehatan hewan piaraannya agar tidak menularkan penyakit berbahaya ke manusia.

Pada kegiatan yang dibuka langsung Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra, SSTP, M.Par juga menekankan bahaya rabies bagi manusia. Karena itu, Bupati Gianyar berharap kepada RSHP yang telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan ini khususnya di bidang kesehatan hewan agar mengedukasi masyarakat pemelihara anjing untuk tetap menjaga anjingnya baik di dalam pameran maupun di rumah masing agar tidak menularkan penyakit ke manusia.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Musnahkan 69.370 Berkas

Direktur Rumah Sakit Pendidikan Udayana, Prof. Puja menyampaikan, kegiatan pengabdian ini untuk memperkuat ketahanan veteriner dan memberikan perhatian pada kesehatan hewan, kesehatan masyarakat serta lingkungan, juga digunakan sebagai ajang promosi keberadaan RSHP Udayana sebagai salah satu rumah sakit hewan di Bali yang bermottokan “memberikan layanan dengan sepenuh hati dan profesional”. Lebih lanjut disampaikan, pada kegiatan pengabdian ini peserta yang mengikuti pameran ini lebih banyak berkonsultasi berkaitan dengan penyakit anjing yang mematikan serta tumbuh kembang anjing. (sar/hm-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas931-Rumah-Sakit-Hewan-Pendidikan-Fakultas-Kedokteran-Hewan-Universitas-Udayana-Sebagai-Tim-Kesehatan-Anjing-Pada-Bali-Dog-Show-2022.html

Hosting Indonesia