Beranda Budaya Sambut Bulan Bung Karno, Pemkot Denpasar Siapkan Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar

Sambut Bulan Bung Karno, Pemkot Denpasar Siapkan Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PIMPIN RAPAT – Walikota Jaya Negara didampingi Kaban Kesbangpol Kota Denpasar AA Ngurah Gede Darma Putra Atmadja memimpin rapat persiapan Bulan Bung Karno VI Kota Denpasar, Kamis (30/5).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Peringatan Bulan Bung Karno kembali disambut Pemkot Denpasar dengan berbagai kegiatan pada 13 Juni tahun 2024 mendatang. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Pemkot Denpasar melaksanakan persiapan Pagelaran Langgam Putra Sang Fajar “Pancasila: Cerita Cinta, Perjuangan, dan Kebangkitan” dipusatkan di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar.

Kesiapan pagelaran ini disampaikan pada rapat yang dipimpin Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Kamis (30/5) di Kantor Walikota Denpasar bersama Kaban Kesbangpol Kota Denpasar, AA Ngurah Gede Darma Putra Atmadja, dan tim kreatif Peringatan Bulan Bung Karno VI Kota Denpasar Tahun 2024.

“Dalam satu panggung pagelaran budaya memperingati Bulan Bung Karno di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar untuk mengenang warisan dan semangat kepemimpinan Bung Karno. Ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merayakan kekayaan budaya Indonesia, memperkuat rasa persatuan, dan mempromosikan keragaman yang menjadi kekuatan bangsa,” ujar Walikota Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, Juni diperingati sebagai Bulan Bung Karno untuk menghormati salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia, yaitu Bung Karno atau Soekarno. Soekarno adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan Presiden pertama Republik Indonesia. Bulan Juni dipilih karena 6 Juni 1901 adalah tanggal lahirnya.

“Peringatan ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasanya dalam memimpin perjuangan kemerdekaan serta memperjuangkan kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia,” ujar Walikota Jaya Negara.

Di samping itu, Walikota Jaya Negara juga mengharapkan, pagelaran budaya dalam peringatan Bulan Bung Karno untuk memperingati dan menghormati jasa serta kontribusi Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pagelaran budaya juga bertujuan untuk memperkuat rasa nasionalisme, mempromosikan keberagaman budaya Indonesia, serta menyatukan masyarakat dalam semangat persatuan dan kesatuan.

Baca Juga  Prodi Teknologi Industri Pertanian FTP Unud Gelar Kuliah Lapangan di Sababay Winery

Kaban Kesbangpol Kota Denpasar AA Ngurah Gede Darma Putra Atmadja menyampaikan, persiapan telah dilakukan dengan melibatkan tim kreatif dari tokoh seni di Kota Denpasar. Tema kegiatan tahun ini yakni “Harmoni Tri Sakti dan Perwujudan Visi Bung Karno menuju Denpasar Maju”.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam pagelaran nanti juga dimeriahkan dengan puisi dan pidato dari pemenang lomba dalam memeriahkan Bulan Bung Karno. Di samping itu juga akan digelar pameran Juara Lomba Bulan Bung Karno dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, BPMD, hingga TP. PKK Kota Denpasar. (wes/hmden)

Hosting Indonesia