Beranda Badung News Sekda Adi Arnawa Tutup Bulan Bung Karno di Sibang Kaja

Sekda Adi Arnawa Tutup Bulan Bung Karno di Sibang Kaja

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

BULAN BUNG KARNO – Sekda Adi Arnawa menutup pelaksanaan acara Bulan Bung Karno di Wantilan Desa Adat Lambing, Desa Sibang Kaja, Minggu (19/6).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menutup pelaksanaan acara Bulan Bung Karno Tahun 2022, dengan tema ”Implementasi Sifat Air Dalam Refleksi Kepemimpinan dan Prinsip Tri Sakti Bung Karno” sekaligus penyerahan hadiah lomba Vlog Bung Karno, Lomba Stand Up Comedy Bahasa Bali, Lomba Pidato Lomba Biografi Bung Karno, Lomba Melukis Bung Karno, bertempat di Wantilan Desa Adat Lambing, Desa Sibang Kaja, Minggu (19/6). Acara ini diselenggarakan oleh Karang Taruna Sapta Kencana Budaya Desa Sibang Kaja. Pada kesempatan tersebut Sekda Badung memberikan dana motivasi Rp15 juta kepada Ketua Panitia.

Turut hadir Perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Perbekel Sibang Kaja Ni Nyoman Rai Sudani, Penglingsir Puri I Gusti Ngurah Agung Watusila, Pembina Pengusaha Muda dan Pemilik Rumah Inspirasi I Nengah Dasi Astawa, Bendesa Adat Lambing I Made Juliantara, Bendesa Adat Sibang Kaja I Made Ciri Arta, serta masyarakat setempat.

Sekda Badung Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi kepada Karang Taruna Sapta Kencana Budaya Sibang Kaja, yang sudah melaksanakan kegiatan Bulan Bung Karno. Hal yang terpenting kepada generasi muda khususnya Karang Taruna harus bisa memaknai Bulan Bung Karno ini. Bulan Bung Karno dapat dijadikan sebagai momentum penghormatan kepada para pendahulu kita.

”Dilihat dari perjuangan bangsa yang penuh heroik, pada tanggal 1 Juni, Bung Karno memiliki ide yang brilian, dengan menggali nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yaitu Pancasila sebagai Dasar Negara. Beliau berpikir untuk menuju Kemerdekaan perlu disiapkan pondasi yang kuat, dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa, membangun bangsa cerdas, memajukan kesejahteraan umum, ikut dalam perdamaian dan ketertiban dunia, sebagaimana yang tertuang dalam alenia Ke-4 pembukaan UUD 1945,“ ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, momentum Bulan Bung Karno juga perlu dimaknai secara implementatif melalui kegiatan-kegiatan bersifat kreatif untuk generasi muda. Mengingat pada tanggal 18 Agustus, bangsa Indonesia sudah berkomitmen menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia yang terdiri dari 5 sila. “5 sila itu diperas dalam ajaran Tri Sakti Bung Karno berdaulat di bidang politik berdikari di bidang ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan. Jika dilihat dari perjuangan Bung Karno, kepada generasi muda di zaman kemerdekaan ini perlu dilakukan introspeksi, sekaligus mengevaluasi kedepannya untuk bagaimana kita mewujudkan SDM yang kuat dan berkualitas untuk dapat bersaing di dunia Internasional,”terangnya.

Ketua Panitia I Putu Darma Putra dalam laporannya mengatakan, di Desa Dinas Sibang Kaja terdapat 7 sekaa teruna dalam 2 desa adat yakni Desa Adat Sibang Kaja dan Desa Adat Lambing. Sekeha teruna ini berada di bawah naungan Karang Taruna Sapta Kencana Budaya dan Sabha Yowana Sapta Kinara Loka. “Pelaksanaan peringatan Bulan Bung Karno tahun ini melibatkan karang taruna dari desa lain yakni Desa Sedang, Sibang Gede, Darmasaba, Mambal dan Abiansemal. Namun yang bersedia berkontribusi hanya Karang Taruna Desa Sedang dan Abiansemal. Kami harap perayaan tahun berikutnya bisa melibatkan karang taruna se-Kecamatan Abiansemal,” ungkapnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaDisdikpora Gelar Bimtek “Lesson Study” Se-Kabupaten Badung
Artikel berikutnyaDiskop UKM dan Perdagangan Badung Gelar Pelatihan E-Commerce untuk Usaha Mikro