Beranda Denpasar News Sekda Alit Wiradana Buka Lomba Ogoh-ogoh Mini Banjar Kaja Panjer

Sekda Alit Wiradana Buka Lomba Ogoh-ogoh Mini Banjar Kaja Panjer

Hosting Indonesia

bvn/hmden

LOMBA OGOH-OGOH – Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana meninjau penilaian Lomba Ogoh-ogoh Mini dan Tapel Ogoh-ogoh, Sekeha Teruna Dharma Laksana, Banjar Kaja, Kelurahan Panjer, Sabtu (6/4) di balai banjar setempat.

 

DENPASAR (BALIVIRALNREWS) –

Perhelatan Lomba Ogoh-ogoh Mini dan Tapel Ogoh-ogoh yang dilaksanakan Sekeha Teruna Dharma Laksana Banjar Kaja, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan dibuka Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana ditandai dengan pemukulan gong, Sabtu (6/4) di balai banjar setempat.

Puluhan peserta lomba ogoh-ogoh mini dan tapel ogoh-ogoh tahun ini telah siap bersaing yang dibagi ke dalam tiga kategori perlombaan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Kebudayaan Denpasar Raka Purwantara, Plt. Camat Denpasar Selatan Ketut Sri Karyawati, Lurah Panjer Budi Ari Wibawa, dan tokoh masyarakat di Kelurahan Panjer.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya Lomba Ogoh-ogoh Mini dan Tapel Ogoh-ogoh dari Sekeha Teruna Dharma Laksana Panjer. “Anak muda harus berinovasi, terus berkreativitas, khususnya dalam seni ogoh-ogoh yang semakin tahun semakin mengalami peningkatan ide dan kreativitas,” ujar Alit Wiradana.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkot Denpasar di bawah kepemimpinan Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa telah memberikan ruang kreativitas kepada generasi muda di Kota Denpasar dalam seni ogoh-ogoh. Gelaran Kasanga Festival pada Maret lalu sinergi Pasikian Yowana Kota Denpasar dan Pemkot Denpasat telah dapat menjadi wadah dalam menuangkan kreativitas ogoh-ogoh para yowana Kota Denpasar.

“Sebagai kota kreatif berwawasan budaya berlandaskan spirit Vasudhaiva Kutumbakam atau menyama braya (persaudaraan) setiap lini kreativitas harus diwadahi oleh Pemerintah Kota. Salah satunya jiwa berkesenian anak-anak muda dalam mengkreasikan ogoh-ogoh mini ini mendapat wadah yang baik melalui kompetisi. Tentu Pemkot Denpasar mendukung penuh dan memfasilitasi setiap acara kreatif semacam ini agar calon-calon seniman Kota Denpasar ini ditempa secara rutin dengan lingkungan yang baik,” ucap Alit Wiradana.

Baca Juga  Kasus Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 9 Orang, Kasus Positif Bertambah 3 Orang

Ketua Sekehe Teruna Dharma Laksana Panjer I Kadek Anggara Putra didampingi Ketua Panitia I Putu Gede Adhi Satria Wibawa menyampaikan, pelaksanaan Lomba Ogoh-ogoh Mini dan Tapel Ogoh-ogoh telah berlangsung sejak tahun 2022, hingga saat ini telah memasuki tahun ketiga dengan tema “Meroket”. Tema ini memiliki makna meningkatkan rasa beroganisasi dan keterampilan di kalangan sekeha teruna.

Tahun ini melombakan ogoh-ogoh mini dan tapel ogoh-ogoh yang dibagi menjadi tiga kategori yakni ogoh-ogoh mini mesin diikuti 8 peserta, nonmesin 22 peserta dan lomba tapel diikuti 31 peserta. “Total 61 peserta akan bersaing ketat dalam lomba tahun ini, dan besar harapan kami dengan kegiatan ini dapat menjadi wahana kreativitas seniman muda dalam berkarya serta mengembangkan bakat yang dimilikinya,” ujarnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia