Beranda Bali News Side Event International Seminar Presidensi G20 Tampilkan Owner Bali Arabica Kintamani

Side Event International Seminar Presidensi G20 Tampilkan Owner Bali Arabica Kintamani

0
Hosting Indonesia

bvn/sar

Komang Sukarsana, owner Bali Arabica Kintamani.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Side Event International Seminar Presidensi G20 Indonesia dengan tema ‘Digital Transformation For Financial Inclusion Of Women, Youth, and MSMEs to Promote Inclusive Growth’ diselenggarakan di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali pada, Rabu 11 Mei 2022. Seminar internasional ini dibuka langsung Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Tema dari seminar ini adalah membahas pihak-pihak yang terdampak krisis pandemi covid-19 seperti perempuan, kawula muda, dan small entrepreneurship (UMKM).

Dalam acara tersebut turut hadir, Komang Sukarsana selaku owner Bali Arabica Kintamani yang menjadi narasumber untuk acara digitalisasi tersebut. Dia turut membahas bagaimana caranya agar produk UMKM dapat go export dan bagaimana mulanya ia mengawali UMKM Kopi Kintamaninya.

“Hari ini saya diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu narasumber. Jadi ada beberapa hal yang saya bahas di sini. Sebagai pelaku UMKM Bali jadi bagaimana kita memasuki dunia digital sebagai solusi pemasaran di masa pandemi. Kedua, bagaimana kita selaku UMKM itu memiliki kiat atau strategi yang kiranya mampu menjadi UMKM yang do Global atau go export. Di sini saya banyak juga bercerita dorongan dari Bank Indonesia, karena saya sendiri sebagai UMKM Bank Indonesia Bali,” jelas Komang.

Di bulan April 2022 lalu, Komang sempat diundang dan pergi ke Inggris untuk mengikuti Festival Kopi London ‘London Canton Fair’. Di sana Komang mengatakan banyak mendapatkan opportunity (peluang) untuk lebih mengembangkan UMKM kopinya. Opportunity inilah yang ia sharing dengan peserta seminar. Salah satunya adalah bagaimana dengan mengikuti kegiatan kopi festival internasional. Paling tidak UMKM Bali sudah mempromosikan kopi Indonesia khususnya Kintamani ke kancah Internasional. (sar)

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaDigelar, Lokasabha Luar Biasa PHDI Kota Denpasar Tahun 2022
Artikel berikutnyaSelama Lebaran, Bandara Ngurah Rai Layani 503.869 Penumpang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here