Beranda Another Region News Terima Senator dan Duta Besar Republik Ceko, Pj. Gubernur Bahas Beberapa Poin...

Terima Senator dan Duta Besar Republik Ceko, Pj. Gubernur Bahas Beberapa Poin Kerja Sama

Hosting Indonesia

bvn/hmprov

REPUBLIK CEKO – Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya menerima audiensi Senator Republik Ceko Tomas Jirsa dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek, Jumat (17/5) di Kediaman Gubernur, Jayasabha.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Penjabat (Pj) Gubernur Bali SM Mahendra Jaya pagi ini Jumat (17/5) bertempat di Kediaman Gubernur, Jayasabha, menerima audiensi dari Senator Republik Ceko Tomas Jirsa dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek. Pertemuan ini membahas beberapa rencana kerja sama seperti kerja sama bidang pariwisata, transportasi dan pengelolaan sampah.

Senator Republik Ceko Tomas Jirsa menyampaikan terima kasih dan kagum terhadap nama Bali di mata dunia pariwisata seluruh dunia. Dengan pariwisata yang begitu unik dengan kebudayaannya mampu membuat Bali sangat disenangi dan disegani oleh wisatawan mancanegara. Termasuk progres Bali saat bangkit dari pandemi covid-19 tentu tidak mudah dan dunia melihat saat ini Bali mulai bangkit untuk memulihkan kembali pembangunannya.

Melihat hal tersebut, lanjut Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek, Pemerintah Republik Ceko sangat ingin berkolaborasi dalam meningkatkan pembangunan ekonomi, pariwisata dan lainnya. “Hal yang mungkin kita bisa kerja sama di sini seperti transportasi yaitu mengatasi kemacetan yang ada di Bali yang kami nilai sudah cukup urgen. Selain itu dalam penanganan sampah dengan teknologi yang kami gunakan di Ceko, juga dalam bidang teknologi pertanian juga bisa kita jajaki mengingat industri pertanian sangat penting bagi suatu negara,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya menyampaikan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Ceko terhadap Bali. Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia, tidak memiliki sumber daya alam minyak dan gas, namun Bali memiliki sumber daya alam dan budaya yang unik sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Oleh karena itu, mempertahankan destinasi wisata, baik dari segi budaya, lingkungan maupun lainnya sangat menjadi fokus Pemprov Bali.

Baca Juga  Kasus Baru Covid-19 di Bali Bertambah 4, Kasus Sembuh Bertambah 1 Orang

“Terkait kemacetan di Bali memang saat ini sangat menjadi fokus kami. Kami berencana untuk membangun transportasi umum seperti MRT sehingga dapat mengurangi kemacetan. Untuk pengelolaan sampah, kami sangat terbuka jika ada yang berinvestasi di Bali dalam membantu kami dalam penanganan sampah. Untuk saat ini kami telah menerapkan beberapa solusi dalam penanganannya,” ucap Mahendra Jaya.

Untuk itu, Pj. Gubernur Bali berharap para delegasi Republik Ceko dapat berunding lebih lanjut dengan kepala dinas untuk teknis kerja sama yang akan dilakukan sehingga diskusi secara mendalam dapat dilakukan dan hasilnya dapat dijalankan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara serta delegasi dari Republik Ceko. (sar/hmprov)

Hosting Indonesia