Beranda Another Region News Tertarik Hari Simulasi Bencana, Delegasi Pertahanan Jepang Simak Paparan Kesiapsiagaan Bencana dari...

Tertarik Hari Simulasi Bencana, Delegasi Pertahanan Jepang Simak Paparan Kesiapsiagaan Bencana dari Kalaksa BPBD Bali

Hosting Indonesia

bvn/hmprov

KESIAPSIAGAAN – Kelaksa BPBD Bali Made rentin memaparkan kesiapsiagaan bencana di Bali, Kamis (26/10/2023).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Di balik pesona keindahannya yang digandrungi wisatawan domestik maupun mancanegara, ternyata Pulau Bali memiliki beberapa potensi kebencanaan. Untuk mengantisipasi segala potensi ancaman tersebut, Provinsi Bali telah mencanangkan tanggal 26 setiap bulannya sebagai Hari Simulasi Bencana di Provinsi Bali.

Seperti halnya Kamis (Wraspati Kliwon, Menail) 26 Oktober 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali kembali menggelar simulasi yang dirangkaikan dengan beberapa acara kesiapsiagaan dalam mencegah maupun penanggulangan bencana. Tak hanya melibatkan instansi vertikal-horizontal serta swasta di lingkup Provinsi Bali, kegiatan ini juga turut menggandeng Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI serta Delegasi Pertahanan Jepang.

Salah satu acara yang digelar yakni penyampaian paparan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, Made Rentin di hadapan jajaran Kemenhan RI dan Delegasi Pertahanan Jepang. “Inti dari pemaparan yang kami sampaikan berupa kesiapsiagaan Bali dalam menghadapi bencana, seperti peringatan dini, komunikasi informasi dan edukasi (KIE) penanggulangan bencana, pemasangan rambu bencana dan peningkatan kapasitas masyarakat terhadap bencana,” cetus Made Rentin.

Delegasi Pertahanan Jepang sangat tertarik akan program Hari Simulasi Bencana dan Program Sertifikasi Kesiapsiagaan Bencana kepada Dunia Usaha yang diselenggarakan di Bali. “Di Jepang pun belum ada program seperti ini, sehingga Lembaga Pertahanan Jepang sangat tertarik dengan berbagai kegiatan pada Hari Simulasi Bencana yang kita gelar,” pungkasnya yang sebelum pemaparan juga berkesempatan mendampingi Delegasi Jepang untuk melihat langsung simulasi yang dilakukan oleh salah satu hotel di kawasan Nusa Dua.

Sehari sebelumnya, Rabu (25/10), Kalaksa BPBD Provinsi Bali didampingi oleh Plt. Kabid Kedaruratan dan Logistik juga mengikuti Seminar KL Latihan Humanitarian Assistance/Disaster Relief (HA/DR) yang diselanggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI bekerja sama dengan Japan Ministry Of Defense (JMOD) di Hotel Bali Dinasty Resort, Kuta, Bali. (sar/hmprov)

Baca Juga  Bawa Sejumlah Usulan, Ketua DPRD Badung Putu Parwata Terima Audiensi Warga Perumahan Dalung, Kuta Utara
Hosting Indonesia