Beranda Denpasar News Tinjau Safari Kesehatan di Desa Peguyangan Kangin, Wawali Arya Wibawa Ikuti Cek...

Tinjau Safari Kesehatan di Desa Peguyangan Kangin, Wawali Arya Wibawa Ikuti Cek Kesehatan Mata

Hosting Indonesia

bvn/hmden

CEK MATA – Selain meninjau, Wawali Arya Wibawa ikut cek kesehatan mata saat safari kesehatan di Desa Peguyangan Kangin, Jumat (4/11/2022).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam upaya terus mengoptimalkan serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat mulai dari lapisan terbawah dan memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara berkala, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersinergi dengan The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Peduli Kemanusian (YPK) Bali, Rumah Sakit Bakti Rahayu dan Puskesmas 3 Denpasar Utara kembali menggelar kegiatan Safari Kesehatan Keliling di Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara yang dipusatkan di Banjar Purnama Asri, Jumat (4/11). Kegiatan ini di tinjau langsung Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Selain menjadi sarana bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan, safari kesehatan ini juga menjadi wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat. Safari kesehatan kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan HKN dan HUT Kota Denpasar yang ke-235 tahun.

Tidak sekadar meninjau, dalam safari kesehatan tersebut Wawali Arya Wibawa juga menyempatkan diri untuk memeriksakan kesehatan mata. Selain itu Arya Wibawa juga mengimbau agar masyarakat memanfaatkan safari kesehatan tersebut dengan baik yakni dengan mendatangi dan memeriksakan kesehatan mata. ‘’Saya harapkan seluruh masyarakat memanfaatkan safari kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat, Pemkot Denpasar telah memprogramkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dalam safari kesehatan ini karena berbagai pelayanan kesehatan diberikan dalam kegiatan tersebut mulai dari pengobatan penyakit menular hingga tidak menular sampai ada operasi mata katarak langsung. Selain itu pelayanan kesehatan, menurut Arya Wibawa, masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan. Dengan demikian, masyarakat secara tidak langsung bisa menjaga kesehatannya.

Baca Juga  Jaya Negara "Support" Duta Seni Kota Denpasar Dalam Lomba Gender Wayang di PKB XLV

Plt. Kadis Kesehatan Kota Denpasar, Tri Idarti menambahkan, safari kesehatan kali ini menggandeng  The John Fawcett Foundation (JFF) yakni pemeriksaan mata secara umum, obat-obatan gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar gratis, dan bantuan operasi katarak secara gratis yang melibatkan Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali (YKP) dan beberapa elemen kesehatan di Kota Denpasar.

Ia menjelaskan, JFF dalam kegiatan ini membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mata. Sedangkan YKP memberikan pelayanan terkait dengan gangguan fisik seperti stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, cerebral palsy dan gangguan tumbuh kembang pada anak.

Selain memberikan pelayanan kesehatan ia mengaku dalam safari kesehatan ini pihaknya juga memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat bisa menjaga kesehatannya dan menjaga pola makan serta ada operasi mata katarak.

“Untuk operasi mata katarak kami lakukan screening termasuk pemberian kacamata dan pemberian obat-obatan, kemudian jika ditemukan katarak, maka akan dijadwalkan untuk operasi katarak secara gratis di Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) indonesia,” katanya.

Salah satu warga Ni Nengah Sawi mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar karena telah melaksanakan safari kesehatan ini. “Dengan safari kesehatan ini masyarakat bisa mengecek kesehatan tanpa menunggu lama serta tidak perlu pergi ke rumah sakit. Saya harapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,’’ harapnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia