Beranda Another Region News TP2DD Pemkab Bangli Buktikan Digitalisasi Tingkatkan PAD

TP2DD Pemkab Bangli Buktikan Digitalisasi Tingkatkan PAD

Hosting Indonesia

hmbi

HLM TP2DD – Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho bersama Bupati Bangli dan BPD Bali saat HLM TP2DD di Bangli.

 

BANGLI (BALIVIRALNEWS) –

Sebagai bentuk akselerasi perluasan digitalisasi daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Bangli, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Direktur Operasi BPD Bali serta Pimpinan OPD Anggota TP2DD Kabupaten Bangli.

Bupati Kabupaten Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menyampaikan bahwa HLM TP2DD Kabupaten Bangli merupakan wujud komitmen Kabupaten Bangli untuk meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola, serta mengintegrasikan sistem pengelolaan daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah. Pertemuan HLM TP2DD ini menjadi sarana memperkuat komitmen dan sinergi bersama antara Pemerintah Kabupaten Bangli, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, dan BPD Bali untuk mengoptimalkan penyedia jasa pembayaran pagi pembayaran pajak dan retribusi.

Pemerintah Kabupaten Bangli selalu siap dalam mengimplementasikan digitalisasi khususnya pada penerimaan pajak dan retribusi daerah. Implementasi digitalisasi di lingkungan pemerintah daerah telah terbukti meningkatkan pendapatan, transparansi, akuntabilitas dan mempermudah pemantauan penerimaan. “Dengan penerapan e-ticketing yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli, penerapan tarif masuk kawasan wisata terbukti tidak menurunkan minat wisatawan karena jumlah pemasukan maupun jumlah wisatawan tidak menunjukkan penurunan,” ujar Bupati Kabupaten Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, memaparkan bahwa Kabupaten Bangli mendapatkan peningkatan peringkat dan nilai Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) yang signifikan pada triwulan IV 2021. Kabupaten Bangli yang sebelumnya pada peringkat 35 nasional dengan nilai IETPD 84,3% pada triwulan II 2021, sekarang menjadi peringkat 15 nasional dengan nilai IETPD 92,2%. Peningkatan nilai IETPD Kabupaten Bangli ini tentunya menjadi bukti kesuksesan komitmen dan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Bangli, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan BPD Bali dalam menerapkan elektronifikasi pada pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Baca Juga  Pansus Pengelolaan Keuangan Daerah DPRD Badung Gelar Rapat Perdana

Untuk meningkatkan semangat digitalisasi, TP2DD Kabupaten Bangli siap mempersiapkan untuk ikut dalam Championship TP2DD pada Mei mendatang. Ada tiga hal yang perlu disiapkan oleh TP2DD Kabupaten Bangli untuk sukses pada Championship TP2DD. Pertama, memperkuat komitmen dan sinergi antar stakeholder dengan melakukan HLM secara berkala seperti hari ini. Kedua, menyusun dan melaksanakan program unggulan untuk mempercepat implementasi dan sosialisasi ETPD kepada masyarakat Bangli. Ketiga, monitoring dan evaluasi pelaksanaan elektronifikasi untuk memastikan peningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho.

Direktur Operasional BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa menuturkan, sebagai wujud komitmen, BPD Bali tekah membantu 9 jenis pajak dan sebagian 14 jenis retribusi dengan non tunai yang ada di Kabupaten Bangli. BPD Bali sudah mempunyai sistem untuk diterapkan di Bali yaitu 1 Island 1 Solution untuk mendigitalisasikan pajak dan retribusi seluruh pemda di Bali. Bank BPD Bali senantiasa terus melakukan inovasi produk dan layanan digital untuk memenuhi ekspektasi stakeholders dan masyarakat. BPD Bali selalu mendukung program percepatan digitalisasi daerah dalam rangka mencapai inklusi keuangan. (sar/hmbi)

Hosting Indonesia