Beranda Badung News “Urban Farming” Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga, TP PKK Badung Orientasi Lapangan...

“Urban Farming” Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga, TP PKK Badung Orientasi Lapangan ke DKI Jakarta

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

ORIENTASI LAPANGAN – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung bersama TP PKK Badung melaksanakan bimbingan teknis orientasi lapangan ke DKI Jakarta, Kamis (30/5/2024).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Menghadapi pertumbuhan populasi yang  pesat dan keterbatasan lahan di wilayah Kabupaten Badung, menjadi tantangan pemerintah mencari alternatif kreatif untuk memenuhi dan menyediakan makanan serta mengatasi tantangan ketahanan pangan kedepan. Upaya strategis tersebut bertujuan untuk merumuskan program pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung bersama TP PKK Badung melaksanakan bimbingan teknis orientasi lapangan ke DKI Jakarta, Kamis (30/5). Rombongan dipimpin langsung Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana didampingi Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Bali I Made Rai Yasa, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta beserta jajaran TP PKK serta pendamping dari Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas terkait dengan jumlah peserta 65 orang.

Kehadiran rombongan Kabupaten Badung disambut langsung Kepala Balai BPSIP Jakarta Muhammad Alwi Mustaha, Kabid Pertanian pada Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta beserta jajaran bertempat di Aula Alpukat Cipedak, Jalan Raya Ragunan No. 30, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai BPSIP Jakarta Muhammad Alwi Mustaha beserta jajarannya karena telah memberikan ruang dan kesempatan kepada peserta studi tiru untuk belajar dan menambah wawasan. “Melalui kunjungan ini kita ingin belajar tentang bagaimana warga Jakarta bisa bertahan memanfaatkan lahan-lahan pekarangan mereka untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri. Tantangan kita ke depan di Bali dan di Badung khususnya, lahan-lahan pertanian akan terus semakin berkurang, di sisi lain lahan perkantoran terus meningkat jumlahnya,” jelasnya sembari minta dukungan kepada ibu-ibu TP PKK agar bisa mengambil langkah-langkah strategis memanfaatkan lahan urban farming untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga keluarga masyarakat itu sendiri.

Baca Juga  Tingkatkan Kualitas SDM Kepariwisataan, Pemkab Asmat Gandeng FPar Unud

Ketua TP PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta merasa antusias serta apresiasi kegiatan ini sebagai bekal TP PKK bergerak melalui Taman Hati PKK di Kabupaten Badung dengan pemanfaatan lahan kosong/halaman rumah dan juga sebagai upaya penghijauan yang hasilnya dapat bermanfaat menjadi sumber pangan keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar.

Untuk meningkatkan wawasan, rombongan melaksanakan orientasi langsung ke Kelompok Tani D’SHAFA, Jalan Terate Putih Raya RW 04 Kel. Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur yang disambut baik oleh Ketua Kelompok Wanita Tani P4S Ibu Haryati. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia